INTERNASIONAL

Indeks Kebebasan Pers Indonesia Membaik

"Lembaga Reporter Tanpa Batas (RSF) hari ini merilis Indeks Kebebasan Pers Sedunia 2013. Dalam laporan yang dikeluarkan setiap tahun ini, indeks kebebasan pers di Indonesia membaik dari semula berada pada urutan ke-146 naik ke peringkat 139, dengan skor 41"

Heru Hendratmoko

Indeks Kebebasan Pers Indonesia Membaik
RSF, reporter tanpa batas, indeks kebebasan pers

Lembaga Reporter Tanpa Batas (RSF) hari ini merilis Indeks Kebebasan Pers Sedunia 2013. Dalam laporan yang dikeluarkan setiap tahun ini, indeks kebebasan pers di Indonesia membaik dari semula berada pada urutan ke-146 naik ke peringkat 139, dengan skor 41,05. Posisi Indonesia kali ini masih lebih baik ketimbang sesama negara ASEAN lain seperti Kamboja, Filipina, Malaysia dan Singapura. Tetapi masih kalah dengan Thailand yang berada pada peringkat 135.

RSF mensurvei 179 negara untuk menyusun Indeks Kebebasan Pers Sedunia ini. Dalam indeks, makin kecil skor dan peringkatnya, berarti makin baik. Pada laporan tahun ini, negara yang paling bagus indeks kebebasan persnya dipegang oleh Finlandia yang berada di peringkat satu dengan skor 6,38. Sedangkan negara yang paling buruk indeks kebebasan persnya dipegang oleh Eritrea di urutan ke-179 dengan skor 84,83.

Menurut Sekjen RSF, Christophe Deloire, Indeks Kebebasan Pers disusun tanpa melihat ragam sistem politik negara-negara yang disurvei. "Tetapi jelas bahwa demokrasi memberikan perlindungan yang lebih baik bagi kebebasan untuk memproduksi dan mengedarkan berita dan informasi yang akurat. Dalam kediktatoran, penyedia berita dan keluarganya bisa terkena pembalasan yang kejam, sementara dalam demokrasi penyedia berita harus mengatasi krisis ekonomi media dan konflik kepentingan, " kata Christophe Deloire.

Catatan khusus diberikan untuk Burma yang indeks kebebasan persnya melompat 18 tingkat, dari semula di posisi 169 kini naik ke peringkat 151. Ini karena tidak ada lagi wartawan yang dimasukkan ke penjara karena mengkritik pemerintah. Selain itu reformasi legislatif yang baru saja dimulai serta sikap pemerintah yang mendukung kebebasan pers, seperti mengakhiri penyensoran dan mengijinkan organisasi media dari pengasingan untuk beroperasi di dalam negeri, merupakan langkah signifikan bagi Burma untuk menuju kebebasan informasi yang sejati.

  • RSF
  • reporter tanpa batas
  • indeks kebebasan pers

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!