Bagikan:

Podcast Party KBR Prime Season 4 ''We're Back!

Data dari spotify menyebut, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast terbanyak secara global.Bahkan terjadi peningkatan konsumsi podcast sampai 5 kali lipat.

INTERMEZZO

Kamis, 01 Des 2022 10:24 WIB

Author

Eka Jully

Podcast Party KBR Prime Season 4 ''We're Back!

KBR, Jakarta- Yuk, mari berpesta bersama kami di Podcast Party KBR Prime Season 4. Kita merayakan keberadaan podcast di Indonesia yang sudah makin dikenal, dibanding lima tahun lalu. Saat ini industri siniar atau podcast tumbuh subur. Baik dari sisi pendengarnya, kreatornya, juga platformnya.

Pada acara All Ears, Spotify Summit pertama di Asia Pasifik yang berlangsung di Jakarta pada November 2022, Spotify merilis sejumlah data terbarunya soal podcast. Salah satunya ini: ada 4.7 juta koleksi judul podcast di seluruh dunia.

Ini adalah lonjakan luar biasa! Pada 2019 lalu, Spotify mencatat baru ada 500 ribu judul podcast. Dalam waktu tiga tahun melonjak berkali-kali lipat.

Ini baru dari satu platform saja ya. Jumlah tersebut berasal dari berbagai genre mulai dari horor hingga percakapan intim dan pengembangan karakter.

Data dari spotify menyebut, Indonesia menempati 10 besar negara dengan pendengar podcast terbanyak secara global. General Manager Spotify Asia Pacific, Gautam Talwar menyebut, terjadi peningkatan konsumsi podcast sampai lima  kali lipat dibanding saat peluncurannya tahun 2019 lalu.

Dengar juga:

Pick Me Girl and Pick Me Boy Personality

Cek Fakta: Video dan Narasi soal Malaysia Marah Ditolak Jokowi Menjadi Anggota G20?

Pertumbuhan podcast di tanah air juga tak kalah pesat. Spotify adalah market leader dan pemain global untuk platform mendengarkan audio; kehadirannya sudah diikuti oleh perkembangan platform lokal yaitu Noice. Di Indonesia pun ada semakin banyak podcast network yang bermunculan, menampung banyak talenta-talenta baru di bidang podcast untuk terus berkarya.

Namun geliat podcast tak hanya soal berkarya; tapi juga soal pengembangan-pengembangan lainnya: konten, audiens, dan tentunya, cuan. Dari perspektif konten, kita bisa mengacu pada podcast chart di Spotify, dan melihat sejumlah genre yang mendominasi skena podcast Indonesia: melankoli sekaligus motivasi, horor dan komedi.

Spotify, juga Noice, terus menambah katalog podcast eksklusif mereka; yang sekaligus jadi pertanda: ada cuan di baliknya. Berbagai podcast juga melakukan banyak hal untuk meraih lebih banyak audiens, misalnya dengan bergabung pada podcast network.

Dengan keragaman tema podcast dan pengembangan-pengambangan lainnya, kreator dapat menjangkau audiensnya secara tepat.

Bagaimana masa depan podcast di tanah air? Apa saja yang masih bisa dikembangkan untuk memeriahkan podcast Indonesia? Di mana letak cuannya? Bagaimana kita menciptakan ekosistem podcast yang berkualitas? Juga, bagaimana kita menyiapkan Indonesia’s Next Podcasters?

Mari kita berpesta!

Hari, tanggal: Rabu, 7 Desember 2022

Waktu: Pukul 09.00-16.00 WIB

Lokasi: Universitas Multimedia Nusantara

Jl. Scientia Boulevard, Curug Sangereng, Tangerang, Banten 

Streaming: Youtube Berita KBR

Registrasi: bit.ly/PP-Season4_Registrasi

Ada banyak narasumber atau podcaster yang akan berbagi cerita di pesta tersebut!

Ada Laila & Dara, Podcast Kejar Paket Pintar (Box2Box Network), Asrul Dwi, Podcast Love Buzz (KBR), Fauzan Al-Rasyid, Podcast Fauzan Talks (Pogo FM), Citra Dyah Prastuti (KBR Prime), Coki Lubis (Podme, Station Manager), Janita Rasya (Portcast, Content Manager) dan masih banyak laiinya

So, siap berpesta bersama kami? Siapkan amunisimu agar bisa menangkap ilmu dan peluang di Podcast Party KBR Prime Season 4.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Episode 3: Mengapa Bisa Terjadi Kekerasan Seksual di Pesantren?

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending