BERITA

INTERMEZO: Jimi Hendrix 'Hidup' Kembali

"Nama itu kemudian dikenal dunia lewat laporan tim yang dimuat di jurnal Madrono, terbitan Komunitas Botani California."

INTERMEZO: Jimi Hendrix 'Hidup' Kembali
Tanaman langka Dudleya hendrixii. (Sumber: San Diego University)

KBR- Gitaris musik rock legendaris dari Amerika Serikat, James Marshall 'Jimi' Hendrix yang meninggal sekitar 45 tahun lalu, kini 'hidup' kembali. Adalah peneliti dari San Diego State University di California Amerika Serikat bernama Mark Dodero dan peneliti dari Universitas California bernama Stephen McCabe yang menemukan warisan Jimi Hendrix ini.

Mereka merupakan anggota tim peneliti pimpinan Michael Simpson, seorang ahli biologi di kampus San Diego State University. Mark Dodero bersama rekannya seorang ahli biologi, Stephen McCabe dari Universitas California menemukan tanaman langka itu di sebuah lokasi kecil di Meksiko. Saat itu, dua peneliti tersebut sedang mendengarkan lagu Jimi Hendrix berjudul 'Voodoo Child'.

Tanaman langka yang belum bernama itu kemudian ditahbiskan dengan nama latin nama Dudleya hendrixii, yang berarti 'Hendrix hidup selamanya'. Nama itu kemudian dikenal dunia lewat laporan tim yang dimuat di jurnal Madrono, terbitan Komunitas Botani California.


Tanaman itu merupakan jenis succulent, tanaman yang sudah beradaptasi di lingkungan kering dan mampu menyimpan cadangan air dalam bagian tubuhnya. Rentang hidup tanaman ini sangat besar. Ukuran tubuhnya jangkung sekitar 1 kaki tingginya, dengan bunga berwarna putih pink.


Dudleya hendrixii hanya hidup di musim gugur, kemudian mati di musim panas, lalu bertunas lagi di musim gugur.


Namun, tidak seperti musik Jimi Hendrix yang bertahan puluhan tahun, tanaman langka itu tengah terancam bahaya kepunahan. Habitat tanaman hendrixi seluas sekitar satu hektar terancam oleh kegiatan pertanian, aktivitas bongkar muat pelabuhan, lalu lalang kendaraan off-road hingga pembangunan infrastruktur yang marak terjadi di Meksiko. (AP/Time/San Diego State University) 

  • Dudleya hendrixii
  • jimi hendrix
  • jurnal Madrono
  • terbitan Komunitas Botani California

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!