INTERMEZZO

Penjualan Komputer Anjlok, Kalah Bersaing dengan Tablet

Penjualan Komputer Anjlok, Kalah Bersaing dengan Tablet

KBR68H – Penjualan komputer memperlihatkan grafik yang terus menurun. Berdasarkan penelitian yang dilakukan perusahaan Gartner, penjualan komputer di seluruh dunia dalam tiga bulan terakhir hingga September lalu anjlok 8,6 persen dibandingkan tahun lalu.

Total Personal Computer (PC) yang dijual selama Juli hingga September sebanyak 80,3 juta unit. Dalam enam kuartal beruntun, penjualan komputer terus turun. Popularitas tablet dan juga telepon pintar membuat konsumen mulai meninggalkan komputer. Penyebab lain adalah turunnya harga jual tablet yang memberikan dampak besar terhadap penjualan komputer.

“Konsumen mulai beralih dari PC ke tablet dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Tren ini juga terjadi di negara berkembang,”kata Mikako Kitagawa, analis di Gartner.

Kata Kitagawa, tablet Android yang dijual dengan harga tidak terlalu mahal menarik minat konsumen di negara berkembang. Penelitian yang dilakukan IDC juga menunjukkan hal yang sama yaitu penjualan PC turun 7,6 persen menjadi 81,6 juta. Gartner dan IDC menggunakan metode yang berbeda dalam menghitung penjualan komputer di seluruh dunia.

IDC menilai, penurunan penjualan komputer akan terus berlanjut hingga tahun depan. Perekonomian sejumlah negara yang masih lemah dan juga semakin selektifnya konsumen dalam membeli perangkat teknologi akan mempengaruhi penjualan komputer. (BBC)

  • penjualan komputer
  • tablet
  • telepon pintar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!