Konser Untuk Indonesia, Bersama Seniman Indonesia Lawan COVID-19

Sederet nama menjadi bagian dari Konser Untuk Indonesia: Tompi, Berklee Indonesian Ensemble, Rama Widi, dan Monita Tahalea. Konser sambil menggalang dana #Bagiasa

NUSANTARA | INTERMEZZO

Kamis, 02 Jul 2020 14:17 WIB

Author

Angelina Rasta Perbina Ginting

Konser Untuk Indonesia, Bersama Seniman Indonesia Lawan COVID-19

Suasana Konferensi Pers Virtual Meeting,

KBR, Jakarta - Perhelatan musik akbar yang menampilkan beberapa musisi Indonesia untuk penggalangan dana akan kembali digelar. Mengusung tema “Konser untuk Indonesia”, diharapkan acara ini bisa memberikan suguhan yang menghibur dan informatif, sekaligus mengajak para masyarakat untuk berdonasi dalam bentuk gerakan #BagiAsa. 

Konser Untuk Indonesia akan diselenggarakan pada Sabtu, 4 Juli 2020. Anda bisa menyaksikannya melalui virtual di Livestream YouTube “Berklee Indonesian Community”, “Permias Massachusetts”, “Trans Vision”, “Voice of America Indonesia”, “Berita KBR”, “Katadata” dan “SWA”, mulai pukul 20.00 WIB.

Sederet nama turut menjadi bagian dari Konser Untuk Indonesia, antara lain: Tompi, Berklee Indonesian Ensemble, Rama Widi, dan Monita Tahalea.

Konser ini merupakan kolaborasi Foodbank of Indonesia (FoI), Berklee Indonesian Community, PERMIAS Massachusetts, dan Seniman Indonesia untuk melawan COVID-19. 

President Berklee Indonesia, Sharon Stephania menceritakan ide Konser Untuk Indonesia ini lahir dari kerinduan untuk berbuat baik bagi bangsa dan tanah air.

“Kami rindu bisa membawa dampak yang terbaik ke tanah air. Apalagi dalam krisis seperti ini banyak orang yang butuh bantuan. Kami memutuskan untuk membuat konser offline yang akan memberikan opportunity (peluang) untuk kolaborasi bersama musisi lain,“ ucapnya pada konferensi pers virtual meeting, Kamis (02/06/20). 

Agar konser ini berjalan seru dan sukses, persiapan demi persiapan pun, menurut Sharon, sudah dijalani selama enam minggu, meski harus menghadapi kendala teknis. Salah satu sebabnya, pengisi acara dan panitia tak bisa bertemu langsung karena pembatasan sosial. Namun, itu tak menyurutkan para seniman untuk mengelar konser sosial ini.

“Berharap konser ini menyemangati, memberikan hiburan, dan mengobati mereka yang rindu tanah air maupun yang di indonesia sudah berbulan-bulan diisolasi. Selain itu, dapat memperlihatkan budaya Indonesia serta mendukung mereka yang kesusahan di masa-masa ini,” kata Sharon.

Monita Tahalea yang merupakan penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser turut menceritakan ketertarikannya dalam kesempatan kolaborasi dengan talenta muda dalam bermusik. Sabtu nanti, Monita akan membawakan dua buah lagu, salah satunya merupakan lagu klasik Indonesia. 

“Di situasi tersulit bangsa kita, semua orang justru sama-sama bergerak untuk saling bantu. Supaya ini menjadi semangat dan titik harapan bahwa ini adalah sebuah musim yang kita lalui,” ujar Monita.

Sementara itu, Rama Widi yang juga merupakan Maestro Harpa mengaku konser musik virtual ini merupakan konser keempat yang diikutinya selama masa pandemi. 

"Semoga konser ini dapat menginspirasi musisi lain untuk berinisiatif membuat konser serupa dan membantu korban yang terdampak COVID-19," ungkap Rama. 

President Permias Massachusetts, Adrian Kusuma Nusa Sukamdani juga berharap dengan konser ini masyarakat bisa bangkit dari kondisi pandemi yang berdampak pada semua sektor.

“Semoga dari konser ini dapat terobati rasa rindu akan tanah air, bangkit dari kondisi covid. Semoga masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi dan kesehatan bisa terangkat kondisi mereka dari konser ini," harapnya.

#Bagiasa KBR

Berawal dari gerakan donasi #BagiAsa yang merupakan gerakan inisiatif untuk membantu keluarga kurang mampu dan tenaga medis yang terdampak penyebaran virus COVID-19, tercetuslah ide konser ini. 

Kegiatan #BagiAsa antara lain: menyalurkan sembako, makanan sehat, alat pelindung diri (APD), dan hal lainnya yang dibutuhkan masyarakat. Inisiatif ini merupakan hasil kolaborasi KBR, Bisnis Indonesia, Katadata dan SWA, bersama kantor pengacara Hendra Soenardi, dan Accelerice. 

Ketua Yayasan Lumbung Pangan Indonesia,  mengatakan secara keseluruhan dari gerakan #BagiAsa sudah berhasil mengumpulkan Rp1,2 Miliar untuk membantu masyarakat yang terdampak COVID-19. "Untuk sistem penentuan penerima bantuan akan berkoordinasi dengan pemda dan akan dilakukan survei lokasi," ujarnya. 

Penggalangan dana untuk konser ini akan dilakukan melalui aplikasi GoPay (0813-1436-3669), Ovo (0812-3456-1819) untuk penonton di Indonesia, dan aplikasi Venmo (@permiasmass) untuk penonton di Amerika Serikat. Selain itu, dapat menyalurkan bantuan melalui rekening Yayasan Lumbung Pangan Indonesia di Bank BNI: 2005202055. Anda, dapat memberikan sumbangan hingga 2 minggu setelah pemutaran perdana acara.

Jika Anda ingin menonton gerakan #BagiAsa lewat "Konser Untuk Indonesia",  pada Sabtu, 4 Juli 2020 nanti, bisa di lihat di link Youtube Berita KBR ya. (eka) 

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kembali Izinkan Umrah, Saudi Umumkan Ketentuan

Eps7. Jejak Kearifan Lokal Gambut

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi Covid-19, Suara Penolakan dari Garda Terdepan

Kabar Baru Jam 8