Ortu Salah Pilih Nama Bisa Ancam Karir Anak

Pujangga William Shakespeare pernah berujar, Apalah arti sebuah nama? Harum mawar tetaplah harum mawar. Meskipun mawar berganti dengan nama lain, ia tetap akan wangi.

INTERMEZZO

Senin, 15 Jul 2013 15:59 WIB

Author

Suryawijayanti

Ortu Salah Pilih Nama Bisa Ancam Karir Anak

nama, karir, penelitian, inggris

KBR68H- Pujangga William Shakespeare pernah berujar, Apalah arti sebuah nama? Harum mawar tetaplah harum mawar. Meskipun mawar berganti dengan nama lain, ia tetap akan wangi. Namun ternyata pilihan nama tetaplah berarti jika dikaitkan dengan jenjang karir seseorang.

Sebuah penelitian terbaru di Inggris menyatakan pilihan nama yang salah oleh orangtua bisa mengganjal karir anak. Satu dari delapan orang menyatakan takut jika nama yang mereka sandang, membuat karirnya mandeg atau kesulitan mendapatkan pekerjaan pertama.  Ternyata perusahaan lebih menyukai nama-mana yang konvensional seperti John dan Rachel dibandingkan nama-mana modern seperti Wayne dan Kayleigh .

Lebih dari 600 pekerja yang berusia antara 20 dan 35 dengan nama yang unik dilibatkan dalam penelitian ini, para responden ditanyai tentang perasaan terhadap nama-nama mereka dan apakah membantu atau menghambat prospek karir mereka.

Laporan yang dipublikasikan kemarin, menyimpulkan para responden mengakui jika nama-nama yang  diambil dari Alkitab lebih disukai oleh bos mereka.

Satu dari 20 responden mengatakan karir mereka telah disalip oleh rekan dengan nama yang lebih tradisional.

"Saya sulit mendapatkan pekerjaan dibanding teman dengan nama-nama seperti David dan Daniel. Padahal saya memenuhi syarat, saya yakin ini karena nama ini,"ujar salah satu responden bernama Kyle.

"Ketika saya akhirnya mendapatkan pekerjaan, saya diabaikan untuk promosi sementara yang lain melaju dengan aman, seperti Matius dan Yohanes.Saya benar-benar berpikir untuk menggunakan nama tengah saya untuk bekerja,"tambahnya.

Nama-nama anak perempuan yang populer dipilih oleh orang tua di Inggris dan Wales pada tahun 2011 adalah Amelia, Olivia, Lily, Jessica dan Emily. Sementara untuk anak laki-laki, banyak orangtua yang memberi nama Harry, Oliver, Jack, Alfie dan Charlie.

Bagaimana dengan nama Anda, apakah berpengaruh pada jenjang karir Anda? (Dailymail) 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INTERMEZZO

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17