Mengapa Pria Setengah Baya di Korea Keranjingan K Pop?

Tapi K Pop membuatnya ketagihan.

INDONESIA

Senin, 29 Des 2014 14:42 WIB

Author

Jason Strother

Mengapa Pria Setengah Baya di Korea Keranjingan K Pop?

Korea Selatan, K Pop, Crayon Pop, musik, Jason Strother

Jung Jong-hun terlihat begitu bersemangat ketika menunjukkan video ini kepada saya dari ponsel pintarnya.

Dalam video itu terlihat, dia dan beberapa pria berusia 30 hingga 40an tahun menyanyi dan menari di konser girl band Korea favorit mereka, Crayon Pop.

Para pria ini tidak hanya hafal lirik lagu serta gerakannya tapi mereka juga berdandan seperti  penyanyi pujaan mereka itu, yang berusia sekitar 20an tahun. 
 
“Ketika kami pergi ke konser, kami berdandan seperti para penyanyi. Saya berpakaian seperti seorang pelatih, memakai baju olahraga merah lengkap dengan nama saya dan helm konstruksi putih dengan garis merah di bagian atas. Ini mirip pergi ke pertandingan bisbol sambil memakai seragam tim Anda.”

Jung mengaku mendengarkan berbagi jenis musik, tapi K Pop membuatnya ketagihan.
 
“Dulu saya tidak mendengarkan musik boyband atau girl band. Tapi setelah saya mendengar Crayon Pop, saya betul-betul menyukai mereka dan kelompok K Pop lainnya. Saya merasa mereka seperti adik perempuan saya.”

Jung mengaku tidak malu dengan kesukaannya pada para penyanyi muda ini. Bahkan ada komunitas online yang anggotanya semua pria, dan mereka merasakan hal yang sama.
 
Bukan hal yang aneh kalau pria yang lebih tua tertarik dengan perempuan yang lebih muda. Tapi mungkin obsesi ini lebih dari sekedar daya tarik seksual.
 
Mark Russell, penulis buku K Pop Now, mengatakan ini merupakan bagian dari industri musik negeri ini.
 
“Korea tidak punya pasar musik yang beragam di tingkat arus utama. Sebagian besar uang itu berada di musik saat ini, tempat perusahaan rekaman mencurahkan semua energinya. Inilah yang sedang Anda hadapi, musik yang merasuk dalam kesadaran masyarakat.”

Tapi perasaan mendalam yang dimiliki beberapa pria Korea terutama terhadap kelompok Crayon Pop, mungkin sedikit lebih dalam dari itu.
 
Sebuah video menunjukkan sekitar 50 pria setengah baya meneriakkan nama-nama penyanyi kelompok Crayon Pop.

Mereka semua mengenakan pakaian olahraga. Ini bagian dari pameran seni media di Seoul yang digelar belum lama ini. Para pria itu memberi dukungan pada kelompok gadis muda itu sejak mereka memulai karir sebagai seniman jalanan tahun 2012.

Jung Yeon-doo yang merancang pameran itu.
 
“Salah satu dari pria itu mengaku pada saya kalau dia menyimpan konstum pelatih dan helmnya di dalam bagasi mobil karena dia tidak ingin istrinya tahu soal itu.” 

Kata seniman yang satu ini, Crayon Pop tidak seperti kelompok musik K-Pop lainnya.

Mereka bukan penyanyi tercantik atau paling berbakat di negeri itu. Tapi mereka terlihat begitu bekerja sangat keras untuk mencapai keberhasilan.

Inilah yang merebut hati para pria separuh baya ini.
 
“Mereka mendapat semacam perasaan terobati dari kelompok ini. Untuk mencapai sukses itu sulit. Saat Anda tamat sekolah, Anda punya mimpi untuk menjadi sesuatu, tapi ketika Anda makin tua, tidak banyak orang yang bisa meraih apa yang mereka inginkan. Jika Anda melihat seseorang dengan keinginan yang kuat untuk meraih sukses, itu akan menyentuh banyak orang.”

Penggemar Crayon Pop, Jung Jong-hun mengatakan ini yang membuat dia menyukai kelompok itu.
 
“Menurut saya anggota Crayon Pop sudah bekerja sangat keras, mungkin lebih dari kelompok lain. Saya tahu bagaimana perasaan itu saat saya berusia 20 an tahun.”
 
Dan tampaknya kerja keras itu mulai menampakkan hasil.

Crayon Pop belum lama ini menjadi kelompok pembuka konser tur Amerika Utara Lady Gaga.
 
Jung mengaku tidak begitu yakin apakah para pria asing akan merasakan hal yang sama tentang gadis-gadis itu seperti yang dirasakannya.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Jaksa Agung Diminta Klarifikasi Pernyataan bahwa Tragedi Semanggi I-II Bukan Pelanggaran HAM Berat