INDONESIA

Suku Kirgiz Dan Tradisi Memelihara Burung Elang Emas

"Butuh teman berburu? Ajak Burung Elang Emas saja!"

Aika Augustine

Suku Kirgiz Dan Tradisi Memelihara Burung Elang Emas
Kyrgyz, Tradisi, Burung Elang Emas, Aika Augustine

Kenal Suku Kyrgyz? Nenek moyang mereka berasal dari Mongolia dan Turki, dan suku ini dikenal suka berpindah-pindah. Suku ini tinggal di belantara Afghanistan, di perbatasan negara Kazakhstan, pegunungan Uzbekistan dan Asia Tengah lainnya. Mereka berpindah-pindah rumah dengan menggunakan kuda.

Selain tradisi nomaden, tradisi lainnya yang lekat dengan Suku Kyrgyz adalah memelihara burung elang emas. Burung ini adalah pemangsa paling mematikan,  sekaligus teman terbaik dalam berburu. Paruh dan cakarnya kuat, sementara kemampuan terbangnya mencapai 200 kilometer per jam. Burung ini terkenal piawai berburu mangsa, ditambah lagi dengan penglihatannya yang tajam.

Suku Kyrgyz pun gemar berburu dan karena itu elang emas jadi sahabat terbaik mereka. Setiap laki-laki dari suku ini wajib memelihara burung tersebut. Sejak usia 13 tahun, mereka mulai menangkap dan menaklukkan sang elang.

Tradisi memelihara burung elang emas ini masih berlangsung hingga sekarang. Suku ini juga menggelar perhelatan Festival Elang Emas setiap tahun di Bayan-Olgii Aimag, Mongolia. Dalam festival yang berlangsung selama 3 hari itu, setiap laki-laki Suku Kyrgyz mesti memperlihatkan kelihaian burung elang emas mereka dalam kompetisi berburu.

Salah satu penanda kesuksesan lelaki Kyrgyz adalah mantel bulu yang dipakainya, yang berasal dari hasil buruan sang elang. (abcnews.go.com & advantour.com)


  • Kyrgyz
  • Tradisi
  • Burung Elang Emas
  • Aika Augustine

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!