INDONESIA

Ayo Nonton Hari Ini!

"Tanggal 14 November di Korea punya makna khusus"

Aika Augustine

Ayo Nonton Hari Ini!
Korea Selatan, 14, Tradisi, Aika Augustine

Bagi Anda yang sudah berpasangan, mungkin satu-satunya tanggal 14 yang teringat adalah 14 Februari. Tapi di Korea Selatan, tanggal 14 di setiap bulan punya makna khusus.

Untuk bulan ini, misalnya, tanggal 14 dianggap sebagai “Movie Day” alias hari nonton film. Tak sekadar pergi menonton berdua, karena pakaian dan cemilannya pun tertentu. Pasangan mesti pakai pakaian serba jingga dan mengunyah jeruk sebagai cemilan wajib.

Apa saja makna tanggal 14 di bulan lain bagi warga Korea?

14 Januari: Diary Day
Karena tahun baru saja berganti, maka pada Diary Day. Setiap pasangan akan saling memberi atau bertukar buku harian atau agenda tahunan. Mereka berharap buku harian akan diisi dengan cerita-cerita yang indah selama setahun mendatang.

14 Februari: Valentine’s Day
Ini perayaan wajib bagi sejumlah pasangan di dunia. Di hari ini, kaum perempuan Korea memberikan cokelat kepada pasangannya. Tapi kalau masih jomblo, jangan sedih. Ini adalah saat yang tepat untuk menyatakan perasaan Anda kepada si dia.

14 Maret: White Day
Nah kalau ini adalah kebalikan dari acara Valentine’s Day. Di sini, laki-laki lah yang memberikan hadiah balasan kepada si perempuan. Hadiahnya pun mesti tiga kali lipat nilainya dibandingkan barang yang diberikan perempuan. Warnanya juga harus putih.

14 April: Black Day
Inilah hari besar para jomblo Korea. Di hari ini mereka merayakan kesendirian mereka dengan berpakaian serba hitam. Kalau pergi ke restoran pun yang disantap adalah jjangmyun alias sup mie hitam.

14 Mei: Rose Day
Pada hari ini pasangan saling bertukar bunga mawar sebagai bentuk penyataan cinta mereka.

14 Juni: Kiss Day
Sesuai namanya, pada hari ini para pasangan kekasih saling memberikan ciuman yang paling tidak terlupakan. Biasanya pusat-pusat perbelanjaan di Korea mengadakan kontes ciuman untuk pasangan kekasih. Kabarnya, banyak anak di bawah umur yang curi-curi keluar rumah demi melihat kontes ini.

14 Juli: Silver Day
Ini adalah hari yang paling menyenangkan bagi sepasang kekasih. Di Silver Day, kencan mereka akan dibayari oleh teman mereka – nonton, makan, atau yang lainnya. Di akhir kencan, setiap pasangan akan memberikan perhiasan perak sebagai bentuk keseriusan hubungan mereka. Silver Day kerap dianggap momen yang tepat untuk memperkenalkan pacar mereka kepada teman atau keluarga.

14 Agustus: Music Day
Hari saat pasangan memberikan sebuah album musik yang berisi lagu-lagu cinta.

14 September: Photo Day
Bagi mereka yang kesulitan untuk berfoto dengan pasangan, maka inilah saat yang ditunggu. Gerai foto di Korea bakal disesaki oleh pasangan kekasih.

14 Oktober: Wine Day
Pasangan wajib makan malam romantis ditemani dengan sebotol anggur di hari ini.

14 November: Movie Day
Pada hari ini, pasangan pergi nonton film ke bioskop dengan mengenakan pakaian serba jingga. Uniknya, selama nonton, cemilan wajibnya adalah buah jeruk.

14 Desember: Hug Day
Dari namanya, pasti paham dong. Bagi orang Korea, berpelukan adalah simbol dari rasa sayang. Pada hari ini lah pasangan saling berpelukan, juga memeluk orangtua, saudara, teman dan siapa saja yang mereka sayangi. Selain itu, berpelukan juga berujuan untuk menghangatkan tubuh karena musim dingin sudah tiba.

(seeyousoon.ca, koreabridge.net, thekoreblog.net)



  • Korea Selatan
  • 14
  • Tradisi
  • Aika Augustine

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!