Bill Clinton Mengunjungi Dapur Program Makan Siang Gratis Bagi Siswa India

Proyek yang dilaksanakan oleh Yayasan Akshya Patra ini menyediakan makan siang gratis bagi 1,3 juta pelajar setiap hari di seluruh negeri.

INDONESIA

Sabtu, 26 Jul 2014 11:50 WIB

Author

Jasvinder Sehgal

Bill Clinton Mengunjungi Dapur Program Makan Siang Gratis Bagi Siswa India

India, makan siang gratis, pelajar, Yayasan Clinton, Jasvinder Seghal

Bekas Presiden Bill Clinton melakukan kunjungan delapan hari di Asia untuk mengunjungi proyek-proyek yang didanai Yayasan Clinton.

Negara tujuan pertamanya adalah India. Di sini, yayasannya membantu menyediakan makan siang gratis bagi para siswa sekolah negeri.

Pukul empat pagi dapur yang berada di Jaipur ini sudah ramai dengan para pekerja yang sedang menyiapkan makan siang gratis bagi seratus ribu pelajar.

Hari ini diantara para juru masak ada bekas Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton.

“Membuat anak-anak ini tetap bersekolah dan sehat adalah hal yang sangat penting. Saya suka program ini. Menurtut saya ini komitmen terbaik yang pernah dibuat dalam sejarah Clinton Global Initiatives. Karena itu kami harus berterima kasih pada semua orang. Karena ada program ini, jumlah siswa meningkat, angka putus sekolah menurun dan kesehatan mereka membaik.”

Bagi pelajar seperti Mohan Kumar ini adalah momen istimewa.

“Saya sangat senang hari ini. Mimpi saya menjadi kenyataan. Saya sangat ingin bertemu dengan Presiden Bill Clinton dan hari ini terwujud. Saya merasa sangat senang.”

Dapur ini dikelola oleh Yayasan Akshya Patra. Program yang dimulai tahun 2001, menyediakan makan siang gratis bagi lebih dari 1,3 juta anak di seluruh India.

Tujuannya untuk meningkatkan jumlah siswa yang mendaftar dan hadir di sekolah serta memperbaiki kesehatan anak-anak.

Kepala sekolah dari salah satu sekolah yang mendapat jatah makan siang gratis, Seema Parashar, mengatakan dampak program ini sangat besar.

”Dua anak perempuan ini berasal dari keluarga yang sangat miskin dan sering kali mereka datang ke sekolah dengan perut kosong. Dulu orangtua mereka menolak menyekolah anaknya tapi program makan siang di sekolah mengubahnya. Sekarang mereka tumbuh sehat dan bisa berolahraga bersama anak-anak lainnya.”

Yayasan Bill Clinton sudah berkomitmen  untuk menyediakan 220 juta makan siang gratis setiap tahun dan tambahan 80 milyar Rupiah untuk menambah program makan siang gratis di sekolah Akshaya Patra di India.

Dia mengatakan ingin melihat program ini menjangkau lima juta pelajar pada tahun 2020 nanti.

Amrit Bairva yang berusia 12 tahun mengatakan Clinton punya pesan untuknya.

“Dia menepuk bahu saya dan berharap saya bisa mendapatkan yang terbaik. Ini mengilhami saya untuk terus maju menuju masa depan yang sejahtera. Dia juga bilang kalau saya harus punya mimpi besar.”
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 13

Kabar Baru Jam 12

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Korea Utara Melarang Kedatangan Turis Mancanegara Demi Melindungi Penduduknya Dari Virus Corona