RAGAM

Bersama Campaign.com, Rayakan 10.000 Aksi Anak Muda di 92 Tahun Sumpah Pemuda

"Campaign.com gelar ‘A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night’, puncak ajang komunitas sosial di Indonesia untuk memperluas dampak sosialnya melalui program dalam aplikasi Campaign #ForChange"

Bersama Campaign.com, Rayakan 10.000 Aksi Anak Muda di 92 Tahun Sumpah Pemuda
Komunitas Peraih Grand Prize A Better World Prize - Kita Beraksi

Jakarta, 28 Oktober 2020 – Berlangsung di tengah pandemi COVID-19, Hari Sumpah Pemuda ke-92 menjadi momentum bagi anak muda Indonesia menunjukkan peran dalam menciptakan keadaan sosial yang lebih baik. Berkaitan dengan hal ini, Indonesia pun memiliki rekam jejak positif dalam hal kerelawanan. Laporan Charities Aid Foundation (CAF): World Giving Index pada tahun 2018 menunjukkan bahwa Indonesia menempati posisi teratas sebagai negara paling dermawan, yakni skor untuk membantu orang lain sebesar 46 persen, berdonasi materi 78 persen, melakukan kegiatan sukarelawan 53 persen. Campaign.com mengajak anak muda Indonesia merayakan pentingnya peran pemuda untuk bangsa dengan menginisiasi ‘A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night’.

Sejak Juni 2020, Campaign.com menginisiasi A Better World Prize, ajang bagi komunitas sosial di Indonesia untuk memperluas dampak sosialnya dengan diberikan pelatihan dan pendanaan. Lebih dari 400 pendaftar dari seluruh Indonesia, 39 komunitas lolos sebagai finalis dalam inisiatif ini. Tak hanya mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas, komunitas terpilih juga menginisiasi program dalam aplikasi Campaign #ForChange dengan fokus isu masing-masing: Pendidikan, Kesetaraan, Kesehatan, dan Lingkungan. Program ini dapat diikuti oleh seluruh anak muda di Indonesia sebagai bentuk kontribusi mereka dalam membantu mengentaskan isu sosial terkait. Setiap satu program yang diselesaikan, telah dikonversikan menjadi donasi sebesar Rp10.000,-.

Kini, total 10.705 anak muda berhasil menyelesaikan 10.187 program dengan donasi yang terkumpul sebesar Rp10.187.000,- untuk membantu komunitas terkait. Tak hanya komunitas, Campaign.com juga mempertemukan puluhan sukarelawan dari seluruh Indonesia dalam inisiatif ini. Pada perayaan ‘A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night’, lima komunitas terpilih dari seleksi tahap pertama dan kedua melakukan presentasi mengenai program sosialnya untuk mendapatkan pendanaan sebesar Rp50.000.000,-. Hadiah utama ini diberikan oleh Danpac Pharma melalui Yayasan Dunia Lebih Baik.

William Gondokusumo selaku Chief Executive Officer Campaign.com memaparkan, “Campaign.com mempertemukan anak muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk andil dalam pengentasan beragam isu sosial, khususnya selama masa pandemi ini. Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ke-92, perayaan ‘A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night’ menjadi simbolis perjuangan anak muda melalui komunitasnya masing-masing. Kami berharap A Better World Prize juga memantik semangat anak muda untuk memperluas dampak sosialnya, melalui berbagai platform yang mereka miliki, termasuk secara digital.”

red

Presentasi 5 Komunitas Terpilih A Better World Prize FUNthering Day Awarding Night

Stefani Putri dari Kita Beraksi sebagai komunitas peraih A Better World Grand Prize sebesar Rp50.000.000,- memaparkan, “A Better World Prize ini memiliki konsep yang sangat komprehensif, ada sisi pembelajaran dan tantangan untuk komunitas. Melalui program ini, kami belajar melalui mentor dalam sesi lokakarya, kemudian ditantang untuk membuat program di aplikasi Campaign #ForChange, juga mendapatkan pendanaan. Bagi anak muda Indonesia, selamat merayakan Hari Sumpah Pemuda ke-92 dengan semangat berkarya dan kolaborasi.”

A Better World Prize dilatarbelakangi oleh keadaan dimana 94,44% dari 72 komunitas sosial dari 15 provinsi di Indonesia mengharapkan dukungan lebih selama pandemi (Survey internal Campaign.com pada Juni 2020). Empat komunitas lain yang memperoleh apresiasi berupa pendanaan yakni: Life Learner (A Better World Rising Star Prize sebesar Rp5.000.000,-); Kita Progresif (A Better World Rising Star Prize sebesar Rp5.000.000,-); Gajahlah Kebersihan (A Better World Social Influencer Prize sebesar Rp10.000.000,-); dan BINE (A Better World Sustainable Impact Prize sebesar Rp20.000.000,-).

  • advertorial
  • campaign.com
  • #ForChange

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!