ADVERTORIAL

Waspada Kesehatan Mata Anak Di Era Sekolah Daring

Orangtua diharap membatasi screen time anak selama sekolah online di masa pandemi. layar semakin kecil semakin kurang sehat untuk mata. Mereka disarankan menggunakan laptop, PC bahkan televisi

KABAR BISNIS

Selasa, 15 Sep 2020 09:00 WIB

Waspada Kesehatan Mata Anak Di Era Sekolah Daring

Pandemi menciptakan stress tambahan bagi para orangtua. Selain dipusingkan dengan virus Corona, keuangan rumah tangga, dan mengelola anak sekolah di rumah. Sumber kecemasan lainnya adalah kesehatan mata anak, karena makin lekatnya anak dengan gadget. Kalau biasanya anak-anak punya kegiatan lain selain bermain gadget, seperti sekolah, les, ataupun bermain di luar rumah, saat pandemi ini justru semua hal itu dilarang. Sekarang anak harus berada di rumah, menghadap layar untuk belajar maupun bermain game. Melonjaknya screen time anak ini, menjadi hal yang harus diwaspadai oleh para orangtua. Lalu apa yang harus dilakukan para orangtua untuk menjaga kesehatan mata anak di tengah pandemi ini?

Dokter Kianti Raisa Darusman, selaku Ophtalmology and Strabismus / Dokter Mata Anak meminta para orangtua untuk tetap membatasi screen time selama sekolah online di masa pandemi. Ia juga menjelaskan bahwa layar semakin kecil semakin kurang sehat untuk mata. Ia menyarankan orangtua untuk menggunakan layar laptop, komputer atau bahkan televisi untuk anak.

Demi kesehatan mata anak, ia juga meminta para orangtua untuk rajin memeriksakan mata anak, serta memenuhi kebutuhan gizi anak. “Walaupun anak tidak mengeluh mata tetap harus diperiksa ya, ada dan gak ada keluhan. Dan kalau anaknya sudah berkacamata ya harus diupdate terus ukurannya sesuai kebutuhan. Kalau minusnya segitu ya ukurannya sekian ya sesuai itu, jangan dikurang-kurangin. Kemudian asupan gizi sesuai lah yang memang seimbang, jadi harus seimbang, sayur, kemudian ada asupan yang tinggi dengan betakaroten dan protein”. Jelas Dokter Kianti.

Simak selengkapnya Waspada Kesehatan Mata Anak Di Era Sekolah Daring dalam podcast Life In The Time Of Corona episode “Siasat Jaga Kesehatan Mata Anak Selama Pandemi”. Podcast Life In The Time Of Corona akan membantu kita menavigasi hidup dengan tips-tips sederhana. Dengarkan gratis di KBRPrime.id atau Spotify.

Editor: Paul M Nuh

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INDEX

Most Popular / Trending

PM Inggris Perintahkan WFH Selama 6 Bulan

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17