ADVERTORIAL

40 Komunitas dan 20.000 Anak Muda Bergerak Bersama dalam ‘A Better World Prize Festival'

Selama dua bulan 40 komunitas dan 20.000 anak muda berpartisipasi dalam 40 program edukasi, serta menyelesaikan tantangan dengan empat fokus isu sosial melalui aplikasi Campaign #ForChange.

KABAR BISNIS

Rabu, 23 Sep 2020 18:27 WIB

40 Komunitas dan 20.000 Anak Muda Bergerak Bersama dalam ‘A Better World Prize Festival'

Jakarta, September 2020 – Campaign.com melalui Yayasan Dunia Lebih Baik menginisiasi A Better World Prize Festival, sebuah inisiatif untuk meningkatkan dampak sosial komunitas di tengah masa tatanan baru. Berasal dari 288 pendaftar komunitas sosial dari seluruh Indonesia, tersaring 40 komunitas akar rumput yang merupakan representatif dari empat isu sosial: Pendidikan, Kesehatan, Kesetaraan, dan Lingkungan untuk mendapatkan pelatihan dan membuat program edukasi bagi masyarakat. Berlangsung dari tanggal 23 Agustus hingga 16 Oktober 2020, masyarakat khususnya anak muda diajak untuk berpartisipasi dalam berbagai tantangan aksi sosial melalui aplikasi Campaign #ForChange.

Campaign.com bersama dengan 40 komunitas terpilih mengajak anak muda Indonesia menjadi #Changemakers, yakni ambil bagian untuk mendukung aksi sosial dengan menyelesaikan tantangan dalam aplikasi Campaign #ForChange. Konsep social tracker dalam aplikasi ini juga memungkinkan pengguna memantau seberapa besar mereka telah membantu menciptakan keadaan dunia yang lebih baik. Setiap berhasil menyelesaikan satu tantangan, #Changemakers tidak hanya mendukung aksi sosial mengenai isu terkait, tetapi juga setara dengan memberikan donasi sebesar Rp 10.000 kepada komunitas yang bersangkutan. Kini, anak muda dapat secara langsung berkontribusi untuk perubahan sosial ke arah yang lebih baik dengan cara yang mudah dan menyenangkan.

William Gondokusumo selaku Chief Executive Officer (CEO) Campaign.com memaparkan, “Melalui A Better World Prize Festival, Campaign.com berusaha menciptakan kolaborasi antara 40 komunitas sosial dengan anak muda sebagai #Changemakers untuk memberikan dampak yang lebih besar terhadap lingkungan sosial sesuai dengan fokus isu masing-masing. Inisiatif ini juga merupakan usaha kami mendukung komunitas dengan mengembangkan kapasitas mereka melalui berbagai pelatihan. Selain itu, memberikan fasilitas seperti platform webinar yang dapat mengakomodir hingga 100 orang, serta publikasi di media sosial Campaign.com. Mereka juga berkesempatan mendapatkan dana apresiasi sebesar Rp 50.000.000. Kami berharap komunitas ini dapat menjadi agen perubahan untuk Indonesia yang lebih inklusif dalam usaha mengentaskan beragam masalah sosial yang tidak kalah pentingnya.”

Sebelumnya, tim Campaign.com telah mengamati kegiatan komunitas secara terpisah di saat pandemi COVID-19 terjadi. Setelah melakukan survey kepada 72 komunitas sosial dari 15 provinsi di Indonesia, 90,28% dari mereka merasakan kendala selama masa pandemi dan 94,44% mengharapkan adanya dukungan. Tiga aspek dukungan yang paling diharapkan yakni pelatihan (61,11%), pendanaan (59,72%), dan pendampingan intensif (55,56%). Melalui festival ini, Campaign.com berusaha mendukung komunitas yang konsisten menciptakan dampak sosial dan berusaha mendapatkan dukungan lebih banyak lagi. Hal ini juga merupakan upaya untuk menciptakan ekosistem yang secara kolektif dapat membuat keadaan dunia menjadi lebih baik. Rangkaian kegiatan pun dilakukan secara daring untuk dapat menjangkau lebih banyak komunitas sosial di Indonesia dan sebagai langkah beradaptasi di tengah tatanan baru.

Tentang Campaign.com

Campaign.com adalah platform karya anak bangsa yang menghubungkan individu, komunitas, dan sponsor yang peduli tentang isu sosial. Campaign.com percaya bahwa setiap orang memiliki peran dan tanggung jawab untuk menjadikan dunia ini lebih baik. Hingga saat ini, lebih dari 1.300 kampanye aktif tercatat di aplikasi Campaign #ForChange, lebih dari 630 komunitas telah bergabung dengan kami, dan kami telah membantu komunitas dengan misi sosial mendapatkan lebih dari 500 juta rupiah dari berbagai sponsor.

Tentang Yayasan Dunia Lebih Baik

Yayasan Dunia Lebih Baik berdiri pada bulan Juni 2020 di tengah pandemi COVID-19 mengingat kebutuhan untuk melakukan penggalangan dana semakin meningkat. Yayasan ini hadir untuk menjawab permasalahan di mana banyak komunitas dengan fokus isu sosial lainnya tidak banyak wadah untuk melakukan penggalangan dana selama pandemi. Yayasan ini akan terus berfokus pada bantuan kepada masyarakat atau komunitas serta penyelenggaraan kampanye pendidikan publik. Info lebih lanjut di www.dunialebihbaik.com

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INDEX

Most Popular / Trending

Akibat Pandemi, Angka Kehamilan dan Pernikahan di Jepang Turun

Survive Corona ala Gue

Bias Kognitif Dalam Masyarakat Saat Pandemi

Eps4. Berhitung Plastik pada Kopi Senja

Seribu Jalan Penolak Undang-undang Cipta Kerja