Bagikan:

UNS Buka Jurusan Kekinian, Bisnis Digital dan Sains Data

Peminat jurusan kekinian Bisnis Digital dan Sains Data bisa masuk melalui jalur Mandiri dan belum bisa dipilih melalui ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri PTN.

NASIONAL

Kamis, 23 Jun 2022 16:37 WIB

bisnis digital

Kampus UNS Solo. (Foto: KBR/Yudha Satriawan)

KBR, Solo - Sejumlah kampus di Solo Jawa Tengah membuka jurusan atau progran studi kekinian. Salah satunya di Universitas Sebelas Maret UNS.

Rektor UNS Solo, Jamal wiwoho mengatakan di UNS ada dua jurusan yang termasuk bidang kekinian. Dua jurusan itu adalah Bisnis Digital di Fakultas Ekonomi Bisnis serta jurusan Sains Data di Fakultas Teknologi Informasi.

Menurut Jamal, peminat bisa masuk dua jurusan melalui jalur Mandiri dan belum bisa dipilih melalui ujian masuk Perguruan Tinggi Negeri PTN.

"Program studi yang baru kita buka, ini didesain untuk menjawab perkembangan jaman serba digital. Percepatan teknologi. Kami buka sesuai kekinian. Walaupun ini sifatnya baru pembukaan mahasiswa tahun pertama, feeling saya akan banyak diminati generasi milenial, generasi X, Y dan Z yang selalu berkutat dengan teknologi digital. Kampus sudah punya pusat teknologi fintech, bisnis digital," kata Jamal, di Solo, Kamis (23/6/2022).

Baca juga:


Jamal mengatakan di era disrupsi teknologi informasi digital atau era 4.0 kampus terpaksa bergerak menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman.

Hingga saat ini, jelas Jamal, program studi baru kekinian itu belum banyak diminati. Menurut Jamal, jurusan di perguruan tinggi yang banyak peminat masih didominasi jurusan bidang studi lama.

Minat tinggi di kategori Sainstek ada pada Kedokteran dan Farmasi sedangkan kategori sosial humaniora ada di jurusan Ekonomi Manajemen dan Ilmu Komunikasi.

Jurusan Informatika yang selama ini menjadi tumpuan perkembangan teknologi masa kini berada di urutan ke 4 jumlah peminat di ujian masuk PTN.

Dari 50 ribuan peserta SBMPTN yang memilih UNS hanya 2.800-an orang yang diterima di kampus negeri di kota Bengawan ini.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?