NASIONAL

Ganjar Bacakan Hasil Rakernas II PDIP: Penetapan Capres ada di Mega

"Penetapan calon presiden 2024 yang akan mereka usung merupakan wewenang Ketua Umum Partai sepenuhnya."

Ganjar Bacakan Hasil Rakernas II PDIP: Penetapan Capres ada di Mega
Kader PDIP sekaligus Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjawab pertanyaan media di sela istirahat Rakernas II PDIP di Lenteng Agung, Jakarta, (22/6/2022). ANTARA

KBR, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan, penetapan calon presiden (capres) 2024 yang akan mereka usung merupakan wewenang Ketua Umum Partai sepenuhnya. Itu merupakan salah satu hasil dari Rapat Kerja Nasional II PDIP di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta.

Hasil Rakernas itu dibacakan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung oleh PDI-Perjuangan pada Pemilu 2024 berdasarkan keputusan Kongres V Partai AD/ART Partai dan tradisi demokrasi partai adalah hak prerogatif Ketua Umum Partai, Prof Dr (HC) Megawati Soekarnoputri,” kata Ganjar dalam Rakernas II PDIP hari ketiga, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: 

Sementara itu, Megawati masih enggan memberikan bocoran mengenai siapa capres yang akan diajukan partainya.

Rapat Kerja Nasional II PDIP juga menghasilkan pernyataan yang mendorong adanya penataan ulang sistem politik di Indonesia pasca-Pemilu 2024 nantinya.

PDIP meminta agar pemerintah melakukan koreksi terhadap sistem pemilu serta memperkuat fungsi dan peran Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI).

Editor: Wahyu S.

  • rakernas pdip
  • Megawati
  • Ganjar Pranowo
  • Pilpres 2024
  • Pemilu 2024
  • capres pdip

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!