Bagikan:

Rapat dengan Presiden, Kepala Otorita Bahas 3 Aspek Pembangunan IKN

Bambang mengatakan, terdapat tiga aspek yang harus dipenuhi pemerintah dalam mempersiapkan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya.

NASIONAL

Selasa, 29 Mar 2022 15:18 WIB

Rapat dengan Presiden, Kepala Otorita Bahas 3 Aspek Pembangunan IKN

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono (kanan) dan wakilnya Dhony Rahajoe. (Dok Youtube Sekretariat Presiden)

KBR, Jakarta - Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono membahas persiapan pembangunan IKN saat rapat bersama Presiden Joko Widodo. Rapat juga dihadiri Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan beberapa menteri terkait di Istana Negara, Selasa (29/3/22).

Bambang mengatakan, terdapat tiga aspek yang harus dipenuhi pemerintah dalam mempersiapkan pembangunan IKN dengan sebaik-baiknya. Yaitu aspek perencanaan, pelaksanaan, hingga regulasi.

Terkait regulasi, Bambang menyebut pemerintah sedang menyelesaikan sejumlah peraturan yang mendukung pembangunan IKN.

"Kita sekarang sedang menyelesaikan empat rencana Perpres, dan juga dua rencana peraturan pemerintah dan tadi disinkronisasi bersama-sama untuk melihat kesesuaian satu dengan yang lain. Karena semuanya itu penting untuk landasan hukum kita bersama dalam melangkah ke depan," ujar Kepala Badan Otorita IKN yang hadir bersama Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe, dalam keterangannya usai bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, (29/3/22).

Baca juga: Jokowi Undang Investor Masuk Proyek IKN Nusantara

Bambang menambahkan, dalam hal perencanaan, dia terus melakukan konsolidasi dengan beberapa kementerian dan lembaga terkait. Mmulai dari rencana makro atau rencana induk, rencana detail tata ruang, hingga rencana tata bangunan.

"Ini juga kita cek, saya dan Pak Dhony melakukan banyak pertemuan dengan kementerian dan lembaga untuk tadi melihat kesesuaian konsistensi dari atas sampai bawah. Dan yang bawah ini sangat penting karena inilah yang nanti akan dilihat oleh mitra-mitra kerja untuk membangun ke depannya," tambahnya.

Dari sisi pelaksanaan, kata Bambang, pemerintah sedang melakukan sejumlah latihan. Supaya pembangunan IKN berjalan mulai dari jalur logistik, bahan baku, dan bahan material yang digunakan untuk pembangunan.

Selain itu, juga memastikan metode yang digunakan dalam pembangunan sesuai dengan prinsip-prinsip lingkungan yang ingin dijaga oleh pemerintah.

Baca juga: KLHK Kejar Pemodal Kasus Tambang Emas Ilegal di Sekitar IKN

"Pada intinya kami berdua melaksanakan 4 K. Konsolidasi dari sisi perencanaan, pelaksanaan, dan juga regulasi. Kemudian koordinasi dengan berbagai kementerian dan lembaga, kemudian juga komunikasi, dan satu lagi kolaborasi. Kolaborasi ini dengan berbagai elemen masyarakat juga," kata dia.

Editor: Wahyu S.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?