NASIONAL

Jadi Kepala Otoritas IKN Nusantara, Ini Langkah Bambang

""Kami mengharapkan dukungan dari semua pihak, semua masyarakat, karena kota ini adalah kota yang merefleksikan ke Nusantaraan, inklusif, hijau, cerdas dan berkelanjutan,”"

Jadi Kepala Otoritas IKN Nusantara, Ini Langkah Bambang
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono saat pelantikan di Istana Negara Jakarta, Kamis (10/3/2022). (Setpres)

KBR, Jakarta-   Kepala Otoritas Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono, akan segera berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait pembangunan tersebut. 

Bambang mengatakan, banyak hal yang harus mulai dikerjakan, termasuk mendekatkan diri ke masyarakat.

“Kami segera akan menghubungi pihak-pihak yang terkait yang selama ini sudah mempersiapkan konsep-konsepnya. Salah satunya mungkin dengan Bappenas yang sudah mulai dari 2017 melakukan berbagai studi. Dan juga dengan K/L (Kementerian/Lembaga) lain yang akan meneruskan berbagai pembangunan misalkan ATR/BPN dan yang lain. Melalui kesempatan ini kami mengharapkan dukungan dari semua pihak, semua masyarakat, karena kota ini adalah kota yang merefleksikan ke Nusantaraan, inklusif, hijau, cerdas dan berkelanjutan,” ujar Bambang usai dilantik sebagai  Kepala Otorita IKN di Istana Negara Jakarta, Kamis (10/03/22). 

Bambang menambahkan,   IKN Nusantara  akan menjadi kota yang dapat merefleksikan keadaan Indonesia secara keseluruhan. Kota yang modern dan humanis, dengan mengedepankan aspek kemanusiaan.

Baca juga: Pembangunan IKN Tak Akan Sentuh 2 Kawasan Hutan Lindung di Kaltim

Kata dia untuk membangum kota dengan baik butuh waktu 15-20 tahun. Sehingga kota tersebut mempunyai roh atau soul of the city.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo  melantik Bambang Susantono dan Donny Rahajoe sebagai Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Negara Nusantara.  Kedua pejabat IKN tersebut bakal mengurusi semua permasalahan yang tengah dihadapi pemerintah, seperti sengketa lahan dengan masyarakat, isu kerusakan lingkungan, pendanaan hingga adanya gugatan dari masyarakat terkait pembentukan IKN.

Bambang sebelumnya merupakan Vice President Bank Pembangunan Asia (ADB). Dia sebelumnya juga pernah menjadi Wakil Menteri Perhubungan pada Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010-2014.

Sedangkan Donny merupakan managing director perusahaan pengembang Sinar Mas Land.


Editor: Rony Sitanggang

  • Otorita IKN Nusantara
  • keanekaragaan hayati
  • Kepala Otoritas IKN
  • pemindahan ibu kota negara
  • IKN
  • Kepala Ibu Kota Nusantara
  • Presiden Jokowi
  • ibu kota negara baru
  • soul of the city

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!