Kerjasama KBR dengan SATGAS COVID-19

Satgas: Kombinasi Masker Ganda Memberikan Perlindungan yang Lebih Baik

Hindari menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi sebagai celah masuknya virus.

RAGAM

Minggu, 21 Feb 2021 19:31 WIB

Author

Paul M Nuh

Satgas: Kombinasi Masker Ganda Memberikan Perlindungan yang Lebih Baik

Ilustrasi. Petugas berjaga saat razia penggunaan masker di Kota Kediri, Jawa Timur, Jumat (12/2/2021). ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/foc.

JAKARTA - Centre for Disease Control (CDC) di Amerika Serikat pada 13 Februari 2021, merekomendasikan cara baru memakai masker, yaitu masker ganda: masker medis berlapis masker kain.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan  kombinasi masker ganda ini memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pemakainya, dan orang lain dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja. Hal itu dikatakannya saat menyampaikan keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (18/2/2021)

Namun, menurutnya ada beberapa kombinasi masker yang tidak boleh digunakan secara bersamaan. Seperti menggunakan dua masker medis secara bersamaan. Sebab, masker medis tidak dirancang untuk digunakan dua lapis secara bersamaan karena tidak meningkatkan filtrasi atau kesesuaian masker.

"Lalu, jangan menggabungkan masker KN95 dengan masker lainnya. Karena masker KN95 sebaiknya digunakan sendiri dan tidak diperuntukkan melapisi masker apapun, baik sebagai lapis pertama maupun seterusnya" jelas Wiku.

Wiku menambahkan, hindari juga menggunakan masker yang memiliki katup udara, karena berpotensi sebagai celah masuknya virus. Baik masker kain atau masker medis dapat ditingkatkan ketepatannya menangkal virus. Berbagai cara itu, seperti menggunakan masker yang terdapat kawat menyesuaikan bentuk hidung, penyangga masker dapat digunakan agar masker dipakai sempurna menyesuaikan bentuk wajah.

"Cara selanjutnya, mengikat karet telinga dan melipat sisa masker jika ukuran masker lebih besar dari ukuran wajah, sehingga masker dapat dengan tepat menutupi hidung dan mulut dengan sempurna.Perlu diperhatikan juga kemampuan filtrasi dalam menyaring masuknya virus"

"Mengenakan masker adalah salah satu cara terpenting mengurangi risiko tertular dan menyebarkan Covid-19. Karena memakai masker yang benar lebih baik daripada tidak memakai masker sama sekali," lanjut Wiku.

Masyarakat juga diminta konsisten memakai masker saat bersama siapa pun yang tidak tinggal bersama termasuk dalam rumah. Dengan kepatuhan memakai masker yang benar dan semakin meningkat, harapannya dapat menurunkan penularan sehingga kasus positif dapat segera turun hingga tidak ada sama sekali.

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus Covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun).

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - INDEX

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 7

Vaksin COVID-19: Kenali Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)

Kabar Baru Jam 8

Cinta Produk Indonesia