Seragam Satpam akan Ganti Warna, Ini Alasannya

"Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam."

NASIONAL

Jumat, 14 Jan 2022 07:44 WIB

Aplikasi Monitoring Karantina Presisi

Ilustrasi: Anggota Satpam mengikuti Apel Pembentukan Satgas COVID-19 Provinsi Bali di Pantai Kuta, Badung, Senin (20/9/2021). (Antara/Fikri Yusuf)

KBR, Jakarta - Mabes Polri akan kembali mengganti warna baju seragam satpam menjadi coklat muda atau krem. Juru bicara  Polri Ahmad Ramadhan mengatakan, penggantian dilakukan karena baju seragam satpam yang saat ini berwarna coklat terlalu mirip dengan seragam anggota Polri. 

Ahmad menyebut, pergantian seragam ini akan diperkenalkan terlebih dahulu pada hari ulang tahun  satpam pada 31 Januari nanti.

"Ini menjadi alasan karena apa, pergantian seragam saat ini sangat mirip atau terlalu mirip dengan seragam polri, sehingga menyebabkan kebingungan dan kesulitan masyarakat. Jadi yang bingung masyarakat untuk membedakan mana polisi dan satpam. Jadi untuk membedakan pakaiannya rencananya lebih muda  sedikit dari baju polri dengan celana tetap sama," kata Ahmad Ramadhan kepada wartawan, Kamis (13/1/2022).

Juru Bicara Mabes Polri Ahmad Ramadhan memastikan, perubahan ini tidak berkaitan dengan adanya perilaku menyimpang satpam di lapangan.

Baca Juga:

Sebelumnya, Polri sudah mengubah warna seragam satpam dari putih-biru tua menjadi  coklat-coklat tua. Hal ini diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa. Peraturan itu diteken oleh Kapolri yang saat itu menjabat, Idham Azis, pada 5 Agustus 2020. 

Saat itu, perubahan warna seragam satpam   diharapkan dapat menumbuhkan kebanggaan  terhadap profesi mereka serta menimbulkan kedekatan emosional dengan Polri. 

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Bersiap Pelat Nomor Kendaraan Ganti Warna dan Dipasangi Chip