HEADLINE

KPK OTT di Lampung Selatan, Presiden Peringatkan Kepala Daerah

KPK OTT di Lampung Selatan, Presiden Peringatkan Kepala Daerah

KBR, Jakarta - Ketua KPK Agus Rahardjo membenarkan telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap kepala daerah di Lampung Selatan. Dia menjelaskan, OTT itu dilaksanakan Kamis (26/7/2018) malam. Petugas menangkap tujuh orang termasuk kepala daerah.

"Ada pimpinan daerahnya, ada anggota DPRD kalau nggak salah provinsi, dan sama pemberinya," jelas Agus di gedung KPK usai menyambut Novel Baswedan, Jumat (27/7/2018).

"Mereka dibawa ke Jakarta, saya nggak tahu apa sudah sampai atau belum. Anda tunggu saja," tambahnya. 

Agus menambahkan, tim menyita barang bukti uang Rp700 juta dalam pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu. Uang tersebut diduga berkaitan dengan proyek infrastruktur.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/07-2018/32_saung_di_lapas_sukamiskin_akhirnya_dibongkar/96678.html">Hasil Geledah Ulang KPK di Lapas Sukamiskin</a>&nbsp;<br>
    
    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/07-2018/idrus_marham_akan_beri_keterangan_tambahan_soal_suap_pltu_riau_1/96636.html">OTT PLTU Riau-1, Pemerintah Didesak Evaluasi Menyeluruh Proyek Listrik 35 Ribu MW</a>&nbsp;</b><br>
    


Presiden Bilang, Jangan Main-Main

Presiden Joko Widodo mengingatkan seluruh kepala daerah baik Bupati, Wali Kota maupun Gubernur untuk tak menyelewengkan anggaran negara. "Saya selalu menekankan integritas," tegas Jokowi usai pelantikan mahasiswa IPDN di Jatinangor, Jumat (27/7/2018).

"Saya sudah titip kepada seluruh bupati, walikota, gubernur dan seluruh ASN jangan bermain-main dengan yang namanya anggaran dan uang," lanjutnya lagi.

Pernyataan Jokowi itu disampaikan menanggapi operasi tangkap tangan KPK terhadap Bupati Lampung Selatan, Zainudin Hasan. Presiden pun mengapresiasi kerja petugas lembaga antirasuah dalam memberantas korupsi.

Ia memuji sikap KPK yang disebut menjalankan proses penegakan hukum secara prosfesional. Jokowi meyakini penangkapan dan proses hukum Bupati Lampung Selatan serta pihak terkait lain didasari bukti kuat.

"Kita tahu KPK selalu bertindak profesional sesuai kewenangannya. Itu harus kita hargai."

KPK meringkus Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan dalam operasi tangkap tangan, Kamis (26/7/2018) malam. Zainudin yang merupakan adik Ketua MPR Zulkifli Hasan ditangkap bersama 11 orang lainnya. Termasuk, anggota DPRD Lampung Selatan. Mereka diduga melakukan praktik suap untuk sejumlah proyek infrastruktur seperti jalan dan jembatan di Kabupaten Lampung Selatan.

Baca juga:

    <li><b><a href="http://kbr.id/berita/07-2018/presiden_persilakan_kpk_bongkar_suap_di_proyek_listrik_35_ribu_mw/96579.html">Presiden Persilakan KPK Usut Tuntas Korupsi di Proyek Listrik 35 Ribu Megawatt</a>&nbsp;<br>
    
    <li><a href="http://kbr.id/berita/03-2018/ott_pn_tangerang__4_orang_jadi_tersangka/95356.html"><b>OTT PN Tangerang, 4 Orang Jadi Tersangka</b></a>&nbsp;<br>
    



Editor: Nurika Manan

  • OTT Lampung Selatan
  • KPK
  • Presiden Jokowi
  • OTT KPK

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!