GALERI FOTO

Meyambangi Rumah Pengasingan Sang Putera Fajar

"Pada masa penjajahan Belanda, bekas Presiden RI, Soekarno sempat diasingkan di Bengkulu. Bung Karno ditempatkan di sebuah rumah yang awalnya tempat tinggal orang Cina yang bernama Tan Eng Cian."

Taufik Wijaya

Meyambangi Rumah Pengasingan Sang Putera Fajar
rumah pengasingan, bung karno, putra fajar, bengkulu

Pada masa penjajahan Belanda, bekas Presiden RI, Soekarno sempat diasingkan di Bengkulu.  Bung Karno ditempatkan di sebuah rumah yang awalnya  tempat tinggal orang Cina yang bernama Tan Eng Cian. Pengusaha itu  menyuplai bahan pokok untuk kebutuhan pemerintahan kolonial Belanda. Soekarno menempati rumah tersebut dari tahun 1938 hingga tahun 1942. Di dalam rumah  pengunjung dapat menjumpai sepasang kursi tua. Di sisi kanan terdapat tiga buah kamar dan di sisi kiri terdapat dua kamar tidur. Di dalam kamar tidur terdapat ranjang besi yang merupakan tempat tidur Bung Karno saat ia menghuni rumah ini. Di dalam satu dari tiga kamar lainnya, yang terletak di bagian depan, terpajang duplikat sepeda tua, kendaraan yang biasa dipakai Bung Karno untuk bepergian ketika itu.(Dari berbagai sumber)

  • rumah pengasingan
  • bung karno
  • putra fajar
  • bengkulu

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!