Share This

Rasulan di Gunungkidul, Ucap Syukur atas Hasil Panen

GALERI_FOTO

Selasa, 27 Agus 2013 16:36 WIB

rasulan, gunungkidul, panen

Bagi warga desa Baleharjo, Wonosari, Gunungkidul, mengucap syukur atas hasil panen diwujudkan dengan Rasulan, tradisi yang masih bertahan hingga saat ini. Rasulan atau disebut bersih desa ini juga masih dilestarikan di desa lain.  Perayaan atas hasil panen dan  memohon agar pada tahun-tahun mendatang  warga tetap makmur, selamat dan tenteram.

Upacara adat turun temurun ini dimeriahkan dengan beragam kesenian mulai dari reog, jathilan, kirab budaya, ketoprak dan puncaknya adalah pagelaran wayang semalam suntuk. 

Tak ketinggalan, masakan khas Rasulan dihidangkan, ada  nasi uduk, rempeyek, srundeg, gudheg  dan ingkung.   Kebersamaan antar warga juga terjalin erat, ketika bertukar hidangan atau disebut dengan istilah "weweh".   Tak hanya itu, pintu rumah juga terbuka bagi teman dan saudara yang berkunjung untuk menikmati menu makanan yang disediakan di hari istimewa tersebut.

Inilah wujud syukur berbalut seni budaya yang masih mengakar di pelosok-pelosok desa di negeri ini. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.