GALERI FOTO

Keindahan Tersembunyi Dalam Goa Barat

Ornamen stalaktit yang indah

Kawasan Kars Gombong Selatan (KKGS) menyimpan banyak Goa, salah satunya adalah Goa Barat. Nama Goa Barat berasal dari karakter alamiah yang melekat pada goa ini, yaitu angin kencang dari arah dalam goa yang menghembus ke mulut goa. Angin kencang ini dalam bahasa Jawa disebut angin barat.

Secara administratif Goa Barat terletak di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Goa Barat memiliki lorong-lorong goa yang telah dipetakan panjangnya 17 km. Dari lorong-lorong goa kita bisa menikmati keindahan ornamen goa berupa stalaktit, stalakmit dan air terjun.


Goa Barat memiliki julukan sebagai goa 100 air terjun. Meskipun belum pernah dihitung secara tepat, julukan seratus air terjun itu bisa menyimbolkan bahwa jumlah air terjun di Goa Barat sangatlah banyak. Salah satunya adalah air terjun Superman's Big Sister yang memiliki ketinggian kurang lebih 32 meter.


Dari mulut Goa Barat, dibutuhkan waktu kurang lebih 3 jam untuk bisa mencapai air terjun Superman's Big Sister. Jangan coba-coba masuk ke lorong goa tanpa perlengkapan yang memadai dan ditemani oleh seorang pemandu. 

  

  • goa barat
  • kebumen
  • goa
  • air terjun

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!