Share This

Meyambangi Rumah Pengasingan Sang Putera Fajar

Pada masa penjajahan Belanda, bekas Presiden RI, Soekarno sempat diasingkan di Bengkulu. Bung Karno ditempatkan di sebuah rumah yang awalnya tempat tinggal orang Cina yang bernama Tan Eng Cian.

GALERI_FOTO

Rabu, 10 Apr 2013 10:36 WIB

rumah pengasingan, bung karno, putra fajar, bengkulu

Pada masa penjajahan Belanda, bekas Presiden RI, Soekarno sempat diasingkan di Bengkulu.  Bung Karno ditempatkan di sebuah rumah yang awalnya  tempat tinggal orang Cina yang bernama Tan Eng Cian. Pengusaha itu  menyuplai bahan pokok untuk kebutuhan pemerintahan kolonial Belanda. Soekarno menempati rumah tersebut dari tahun 1938 hingga tahun 1942. Di dalam rumah  pengunjung dapat menjumpai sepasang kursi tua. Di sisi kanan terdapat tiga buah kamar dan di sisi kiri terdapat dua kamar tidur. Di dalam kamar tidur terdapat ranjang besi yang merupakan tempat tidur Bung Karno saat ia menghuni rumah ini. Di dalam satu dari tiga kamar lainnya, yang terletak di bagian depan, terpajang duplikat sepeda tua, kendaraan yang biasa dipakai Bung Karno untuk bepergian ketika itu.(Dari berbagai sumber)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.