Share This

Menikmati Harum Sabun Sereh

Di Sarongge, Jawa Barat, sekelompok ibu-ibu membuat sabun sereh berbahan dasar alami, yaitu sereh wangi hutan.

GALERI_FOTO

Kamis, 26 Feb 2015 12:32 WIB

Ada yang suka, ada pula yang tidak suka dengan bau sereh.  Di Sarongge, Jawa Barat, sekelompok ibu-ibu membuat sabun sereh berbahan dasar alami, yaitu sereh wangi hutan yang banyak ditemukan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Pembuatan produk sabun sereh ini antara lain sebagai bagian dari upaya pemberdayaan ekonomi perempuan yang dijalankan Green Initiative Foundation.  Dengan membeli sabun tersebut, kita dapat mendukung ibu-ibu di Sarongge dan keluarga mereka memperoleh penghasilan tambahan dan membantu konservasi hutan Sarongge.

Salah satu yang mendukung project ini adalah Olga Lydia. Aktris pecinta lingkungan ini tidak hanya yakin bahwa dengan memberdayakan komunitas lokal akan tercipta perdangangan yang adil (fair trade), tetapi juga yakin bahwa sabun sereh ini memang merupakan produk alami anti nyamuk yang bebas dari bahan kimia buatan (eco-friendly). 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.