Share This

Kotoran Gajah jadi Bahan Baku Kertas

Jangan remehkan kotoran satwa. Jika berpikir kreatif tahi gajah misalnya dapat diolah menjadi bahan baku tambahan kertas daur ulang.

GALERI_FOTO

Selasa, 22 Jan 2013 15:46 WIB

gajah, kertas, taman safari

Jangan remehkan kotoran satwa. Jika berpikir kreatif tahi gajah misalnya dapat diolah menjadi bahan baku tambahan kertas daur ulang.

Sejumlah pekerja Taman Safari Indonesia, Bogor, Jawa Barat pagi itu tengah sibuk membersihkan tahi gajah. Selanjutnya kotoran hewan tersebut mereka angkut dan bawa ke sebuah tempat. Kotoran hewan berbelalai tersebut tidak dibuang. Namun siap diolah kembali sebagai bahan baku kertas daur ulang yang disebut “Poo Paper”.

Aktivitas ini sudah berlangsung sejak pabrik mini tempat mengolah kotoran satwa tersebut berdiri November silam.  Tujuannya untuk menurangi limbah kotoran gajah yang jumlahnya bisa mencapai 2 ton perhari !

Jika berpikir kreatif, kotoran satwa pun bisa bermanfaat dan membawa berkah.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.