OPINI

Tantangan Program Perhutanan Sosial

Presiden Joko Widodo berbincang dengan petani di Madiun

Presiden Joko Widodo terus menggenjot program Reforma Agraria. Dalam sepekan ini, ia berkunjung ke Kabupaten Karawang, Bekasi, dan Sragen. Di sana Jokowi menyerahkan sertifikat tanah dan surat keputusan pemanfaatan lahan di kawasan hutan negara. Yang terakhir, dikenal dengan nama perhutanan sosial.

Di Sragen, Jawa Tengah, ada 9 ribuan sertifikat tanah yang dibagikan. Sedangkan di Karawang, sebanyak 1500an hektar dipinjamkan untuk perhutanan sosial. Dari situ, Jokowi berharap tak ada lagi persoalan sengketa.

Program Reforma Agraria menjadi agenda prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019. Khusus  perhutanan sosial, pemerintah menyiapkan lahan seluas 12,7 juta hektar. Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan juga Kementerian BUMN, wajib mengawal jalannya perhutanan sosial. Konkretnya, masyarakat akan dipinjami lahan 35 tahun untuk dikelola. 

Tapi bagaimana sesungguhnya perhutanan sosial berjalan di lapangan? Sudahkah menyejahterakan perekonomian masyarakat atau petani? Sayangnya, belum.

Pemalang, Jawa Tengah menjadi lokasi percontohah perhutanan sosial. Petani yang dipinjami lahan justru mengalami berbagai kesulitan. Pertama, karena lahan yang dipinjami berada di perbukitan, tak ada akses air untuk mengairi semisal embung atau pompa air. Alhasil, petani hanya bergantung pada hujan. Kalau sedang kemarau, mereka absen menanam. Dan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari, terpaksa meminjam. 

Kedua, kalaupun sudah panen, hasilnya terpaksa diserahkan ke tengkulak. Ini karena petani tak ada akses untuk menyalurkan hasil panen ke perusahaan rekanan pemda semacam Bulog. Persoalan yang sama juga terjadi pada petani Teluk Jambe, Karawang.

Program Reforma Agraria ala Presiden Joko Widodo sebetulnya sudah dihujani kritik. Bagi-bagi sertifikat tanah, misalnya, diragukan tepat sasaran. Perhutanan sosial pun, tak sepenuhnya melenyapkan masalah. Toh, setelah lahan itu dikembalikan petani akan kembali luntang-lantung. Jadi alangkah baiknya jika sedari sekarang, pemerintah memelototi betul kondisi di lapangan. Apakah masih ada bolong di sana-sini atau tidak, sebelum runyam. 

  • reforma agraria
  • perhutanan sosial
  • presiden joko widodo
  • teluk jambe
  • Sragen
  • karawang

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!