EDITORIAL

Menjaga Singkil Tetap Sekata Sepakat

"Pemerintah daerah juga aparat kepolisian mesti segera menuntaskan konflik itu. Bisa dimulai dengan menangkap dalang yang menghasut aksi."

KBR

Foto: Brades Sijabat
Foto: Brades Sijabat

Sebagian daerah merayakan tahun baru Islam, 1 Muharam 1437 Hijriah dengan penuh suka cita. Mulai dari pawai obor hingga ledakan petasan sebagai ungkapan kegembiraan. Tahun baru, semangat baru untuk hidup yang lebih baik.

Tapi suka cita tahun baru tak dirasakan sebagian warga di Aceh Singkil. Segerombolan orang mengamuk lantas membakar gereja di Serambi Mekkah. Akibat peristiwa kerusuhan itu dikabarkan satu orang tewas dan empat lainnya luka-luka.

Aksi rusuh ini tak spontan. Sepekan sebelumnya segerombolan orang berunjukrasa di kantor pemda. Mereka mendesak pemda membongkar sejumlah gereja lantaran dituding tak berizin. Sebagian juga merujuk kesepakatan 30an tahun silam yang menyatakan cuma boleh ada satu gereja di daerah itu. Para pengunjukrasa memberi waktu pemda selama tujuh hari untuk membongkar. Bila tidak mereka yang akan membongkar, kata mereka mengancam.

Ancaman itu kemarin terbukti. Tak tampak antisipasi dari aparat pemda dan kepolisian untuk mencegah aksi itu berujung rusuh dan memakan korban jiwa. Padahal jika cepat bergerak, tak perlu ada korban dan hancurnya harta benda mestinya tak terjadi.

Kita ingin ingatkan kembali tulisan yang terpampang di logo daerah Aceh Singkil. “Sekata Sepakat”. Dalam situs pemda kata itu dipahami sebagai “Keharmonisan, Persaudaraan dan Toleransi”. Apa yang terjadi kemarin sungguh jauh dari slogan daerah itu. Yang muncul justru ketidakharmonisan, permusuhan dan intoleransi.

Pemerintah daerah juga aparat kepolisian mesti segera menuntaskan konflik itu. Bisa dimulai dengan menangkap dalang yang menghasut aksi. Dengan awalan tindakan tegas penegakan hukum ini bisa jadi terapi kejut. Harus ada penegasan, tak ada toleransi bagi aksi rusuh.


  • pembakaran gereja di aceh singkil
  • Aceh Singkil
  • Toleransi
  • gereja dibakar di aceh singkil
  • petatoleransi_01Nanggroe Aceh Darussalam_merah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!