Supaya Indonesia Makin Wow

Gagasan grup band rock Slank menciptakan lagu

EDITORIAL

Selasa, 09 Sep 2014 10:13 WIB

Author

KBR

Supaya Indonesia Makin Wow

slank, pariwisata, indonesia wow

Gagasan grup band rock Slank menciptakan lagu “Indonesia WOW” mestinya bisa menginspirasi kita semua. Kemarin, band yang sudah berusia tiga dekade ini meluncurkan lagu berlirik bahasa Inggris supaya lebih mendunia. Lewat lagu ini pula, Slank ingin menunjukkan wajah Indonesia yang lebih positif. Suka tidak suka, wajah Indonesia di mata dunia masih lekat dengan banyak hal yang negatif, seperti bencana alam, konflik dan lainnya.

Di masa mendatang, kata Slank, pandangan itu mesti berubah. Lagu ini dipersembahkan untuk pemerintahan baru di bawah Joko Widodo, setelah sebelumnya Slank menggubah lagu “Salam Dua Jari” untuk kampanye Jokowi-JK. Lagu kedua ini lebih sebagai harapan agar presiden terpilih benar bisa memajukan bangsa ini. Misalnya, lewat pemerataan pembangunan infrastruktur pariwisata.(Baca juga: Slank Tantang Jokowi Ciptakan Kawasan Industri Kreatif)

Gagasan ini sungguh cerdas, juga strategis. Pertama, potensi keindahan alam begitu besar dan luas membentang dari Aceh hingga Papua. Kedua, potensi keindahan itu banyak yang belum digali betul. Industri pariwisata kita masih terbelakang. Sudah begitu pun mampu menyumbang penerimaan negara terbesar kelima setelah migas, batu bara, minyak sawit dan karet olahan.

Bisa dibayangkan, bila Indonesia mampu mengolah pariwisatanya dengan lebih baik. Minimal bisa melampaui Malaysia. Sekedar gambaran, jumlah kunjungan wisata Indonesia tahun lalu mencapai 8,8 juta jiwa - terbesar sepanjang sejarah. Tapi tiga tahun lalu, kunjungan wisatawan asing ke negeri jiran sudah tiga kali angka itu. Hanya dengan membaca perbandingan itu, betapa negara ini masih menyia-nyiakan potensi kekayaan wisatanya. Sementara kalau bicara anggaran belanja, pemerintah dari pusat hingga daerah selalu mengeluh kekurangan dan defisit.(Baca juga: Laily Prihaningtyas: Pariwisata Harusnya Memberi Kontribusi Lebih Besar) 

Bicara pariwisata, Bali adalah contoh. Bali adalah bukti bahwa membangun pariwisata akan memanen begitu banyak hal positif. Masih banyak yang kenal Bali, tapi tak tahu Indonesia. Lewat pariwisatanya, Bali menyumbang 40 persen pendapatan nasional dari sektor pariwisata. Karena jualan pariwisata, Bali dan para pelaku mau tidak mau mempertahankan keasrian alam dan ada istiadat masyarakatnya.

Indonesia yang lebih baik adalah harapan kita semua – tak hanya harapan dari relawan dan pencoblos Jokowi-JK. Dengan begitu banyak aset yang kita miliki, mendorong pembangunan di bidang pariwisata pasti bisa membuat Indonesia makin wow di mata dunia.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Upaya Kurangi Risiko Bencana Iklim

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Perkara Bukber Tahun ini

Kabar Baru Jam 10