Siapa Pilihan Warga Jatim Hari Ini?

Hari ini, sekitar 30 juta warga Jawa Timur akan menggunakan hak politiknya dalam pemilihan Gubernur. Ada empat pasanga yang maju dalam pilgub, yaitu pasangan petahana Soekarwo -Syaifullah Yusuf, calon perorangan Eggi Sudjana - Muhammad Sihat, pasangan Bam

EDITORIAL

Kamis, 29 Agus 2013 10:30 WIB

Author

KBR68H

Siapa Pilihan Warga Jatim Hari Ini?

pilgub jatim, soekarwo, khofifah

Hari ini, sekitar 30 juta warga Jawa Timur akan menggunakan hak politiknya dalam pemilihan Gubernur. Ada empat pasanga yang maju dalam pilgub, yaitu pasangan petahana Soekarwo -Syaifullah Yusuf, calon perorangan Eggi Sudjana - Muhammad Sihat, pasangan Bambang DH - Said Abdullah dan Khofifah-Herman.

Lima tahun lalu, pilgub Jawa Timur merupakan salah satu pilgub paling panas dan juga kontroversial. Pada putaran kedua, pasangan Khofifah - Mujiono hanya kalah 60 ribuan suara dari Soekarwo - Syaifullah yang ketika itu dinyatakan sebagai pemenang. Khofifah menggugat keputusan KPU ke Mahkamah Konstitusi. Tapi impian kader PKB itu untuk menjadi Gubernur pupus setelah MK menolak gugatannya.

Kali ini, Khofifah kembali membuat panas pilgub Jatim. Dia bersama pasangannya, Herman yang merupakan bekas Kapolda Jatim tidak diloloskan oleh KPU. Alasannya, pasangan tersebut telah memalsukan dukungan dari partai non parlemen. Sama seperti lima tahun lalu, Khofifah tidak tinggal diam. Dia menggugat keputusan KPU Jatim ke Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu. Hasilnya, DKPP menganulir keputusan itu dan Khofifah - Herman bisa ikut pilgub.

Meski diikuti empat pasangan, praktis hanya tiga pasangan yang punya peluang besar untuk menjadi pemenang. Pasangan petahana Soekarwo-Syaifullah tetap diunggulkan karena didukung oleh 10 parpol di DPRD. Namun, bukan berarti mereka bisa meraih kemenangan dengan mudah. Belajar dari pengalaman lima tahun lalu, pasangan dengan julukan KarSa ini harus bersusah payah untuk mengalahkan Khofifah, yang kini kembali menjadi pesaingnya.

Sedangkan pasangan Bambang DH-Said juga punya peluang untuk menang. Meski hanya didukung oleh PDI Perjuangan, pasangan tersebut punya faktor X yaitu Joko Widodo. Gubernur DKI Jakarta itu mungkin figur yang paling dikenal di seluruh Indonesia pada saat ini. Jokowi berhasil memenangkan Ganjar Pranowo di pilgub Jateng. Kini, PDIP kembali mengusung Jokowi sebagai juru kampanye untuk Bambang DH - Said. Bukan itu saja, PDIP masih punya jurkam yang tidak kalah hebat yaitu Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Dua figur di atas sudah cukup kuat untuk bisa menggaet suara.

Namun, jangan lupakan pasangan Khofifah - Herman yang didukung PKB. Jawa Timur adalah basis dari Nadhatul Ulama, ormas terbesar di Indonesia yang punya kedekatan dengan PKB. Dengan dukungan dari kaum nadhliyin, Khofifah - Herman tetap punya kans untuk bisa tampil sebagai pemenang.

Akan tetapi, yang paling penting sebenarnya bukan siapa yang akan keluar sebagai pemenang. Kita berharap, warga Jawa Timur bisa memilih pemimpin yang jujur, bebas dari korupsi dan pro rakyat. Juga berkomitmen menjaga kebhinekaan masyarakat Jatim yang plural. Selain itu, kita berharap angka golput yang mencapai hampir 40 persen pada pilgub 2009 bisa berkurang pada pesta demokrasi warga Jawa Timur hari ini. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Persiapan Pemerintah Jawa Barat Hadapi New Normal