OPINI

ASN Korup Masih Digaji

"Masih ada ribuan pegawai negeri yang korup, tidak dipecat dan tetap digaji. Luar biasa kan? "

KBR

Koruptor masih terima gaji
Ilustrasi: ASN Terbukti Korupsi masih digaji pemerintah (foto: Pexels)

Enak betul jadi koruptor di negeri ini! Bukannya menerima ganjaran setimpal, mereka malah memperoleh hak yang istimewa. 

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Nasional (BKN) ada total 2.300 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang telah divonis bersalah terbukti melakukan korupsi. Dan dari jumlah ribuan itu, baru 891 yang dipecat. Artinya, masih ada ribuan pegawai negeri yang korup, tidak dipecat dan tetap digaji. Luar biasa kan? 

Indonesia Corruption Watch (ICW) menyampaikan temuannya itu kemarin. Memang belum ada angka pasti berapa kerugian negara lantaran menggaji ASN korup ini. ICW melakukan hitung-hitungan kasar dengan mengacu pada Peraturan Pemerintah soal gaji PNS. Dari situ ICW memprediksi setiap bulan negara rugi sekitar Rp 6,5 miliar per bulan. Per tahun, sekitar Rp 72 miliar. Uang sebanyak itu cukup untuk mendukung pembangunan puluhan desa melalui skema dana desa yang besarnya 1,4 miliar per desa.

Tidak ada cara lain, langkah tegas mesti diambil. Sebab dalam jangka panjang, tentu saja kerugian negara yang timbul akan merugikan masyarakat.  Lagi pula jika tidak segera dipecat,  bukan tidak mungkin ASN mengulangi tindak korupsinya, atau menghilangkan barang bukti, jika kasusnya masih diproses di pengadilan. 

  • ASN terpidana korupsi
  • korupsi
  • ICW

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Paul MN5 years ago

    Presidennya terlalu sibuk "bekerja"