OPINI

Menonton Debat Capres

Rakor persiapan debat capres 2019

Debat pertama capres dan cawapres segera dimulai pekan ini juga. Tim pendukung masing-masing capres tengah bersiap-siap. Meski debat ala KPU  ini banyak dikritik, pertarungan ide antara dua pasangan capres-cawapres ini tetap menarik untuk disimak. 

Seberapa penting dampak debat pada calon mana yang pada akhirnya betul-betul akan dicoblos? Studi dari Pemilu di negara lain menunjukkan hasil beragam. Debat capres Amerika Serikat pada 2008 dianggap ‘sangat atau agak membantu’ dalam menentukan pilihan. Sementara itu di Pemilu Presiden Amerika pada 2016, dampak debat dianggap ‘kecil, tapi berarti’. 

Di Indonesia, survei menunjukkan kalau debat kandidat presiden pada 2014 lalu ikut mendongkrak elektabilitas kedua kandidat - tapi hanya jika pemungutan suara dilakukan saat itu juga. Sementara bagi para swing voters alias massa mengambang, debat sebatas jadi pedoman memilih. Studi lain menunjukkan, bagaimana media memberitakan debat bisa sama pentingnya dengan debat itu sendiri. Dan ini yang justru bisa membentuk persepsi calon pemilih. 

Karenanya kita harus jadi pemilih cerdas dan cermat. Tontonlah debat  untuk mengetahui ide yang ditawarkan para calon pemimpin negara ini. Tentu dengan pikiran terang dan terbuka. Lanjutkan dengan pencarian informasi dari sumber-sumber yang jelas supaya tak sekadar kepincut pada performa saat debat. Dan yang paling penting, jangan termakan hoax  dalam perjalanan ini.  

  • debat capres
  • Pilpres 2019
  • KPU

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!