BERITA

Pemprov NTB: Dana Stimulan Korban Gempa NTB Tuntas Dibagikan Februari 2019

Pemprov NTB: Dana Stimulan Korban Gempa NTB Tuntas Dibagikan Februari 2019

KBR, Mataram- Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menjanjikan pemberian dana stimulan untuk korban gempa di Nusa Tenggara Barat tuntas paling lambat akhir Februari 2019.

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah mengatakan dari hasil verifikasi jumlah rumah rusak akibat gempa bumi lebih dari 216 ribu rumah.

Ia optimistis pembentukan Kelompok Masyarakat (Pokmas) pada Desember ini akan meningkat jumlahnya dibanding bulan-bulan sebelumnya. Pembentukan Pokmas merupakan salah satu syarat pencairan dana stimulan tersebut.

Saat ini, telah terbentuk sebanyak 1.149 Pokmas dengan total 13.830 kepala keluarga.

Selain Pokmas, pemerintah sedang merekrut fasilitator untuk mempercepat pembangunan rumah.

“Ya, semua bantuan itu cair, Februari akhir. Tapi bukan rumah rumah jadi lho ya, karena membangun rumah tak seperti membalik telapak tangan," kata Sitti Rohmi Djalillah di Mataram, Rabu (5/12/2018). 

Wagub NTB Sitti Rohmi mengakui, proses pembangunan rumah di masa rehabilitasi rekonstruksi ini lamban.

"Insyaallah janji pemerintah sampai akhir Februari cair semuanya. Kita genjot, Desember ini akan ada peningkatan yang signifikan karena sekarang sedang direkrut fasilitatornya,” kata Sitti.

Baca: Rekonstruksi Rumah Pascagempa NTB Kemungkinan Molor dari Target

 

Pemerintah Provinsi NTB juga akan mengevaluasi efektifitas keberadaan fasilitator dalam mendampingi proses pembangunan hunian tetap.

Baca juga: Rumah Tak Layak Huni di NTB Capai 243 Ribu Unit

Sitti Rohmi mengakui keterbatasan jumlah fasilitator menjadi tantangan, sementara bantuan yang diberikan pemerintah itu tersebar di tujuh kabupaten dan kota di NTB. 

Pemerintah pusat akan memberikan dana perbaikan rumah untuk korban gempa di NTB dengan jumlah bervariasi. Warga yang rumahnya rusak berat akan mendapat dana sebesar Rp50 juta, Rp25 juta untuk rumah rusak sedang dan Rp10 juta untuk rumah rusak ringan.

Editor: Kurniati

  • Dana Stimulan
  • Gempa NTB
  • Korban Gempa
  • NTB
  • Fasilitator

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!