HEADLINE

Terdampar di Aceh Besar, 4 Paus Sperma Mati

Terdampar di Aceh Besar, 4 Paus Sperma Mati

KBR, Aceh Besar– Empat ekor Paus jenis sperma atau kepala kotak yang terdampar Pantai Kabupaten Aceh Besar, dinyatakan mati, Selasa (14/11). Sedangkan 6 paus lain yang terdampar  berhasil didorong ke laut lepas.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Andoko Hidayat mengatakan, tim gabungan sebenarnya sudah berupaya melakukan evakuasi terhadap paus kotak itu dengan cara ditarik menggunakan kapal untuk kembali ke habitatnya di laut. Akan tetapi, upaya dimaksud gagal dikarenakan empat paus itu kembali menepi di bibir pantai hingga tewas.

”Kalau terdampar lama-kelamaan lemas. Tenaganya keluar terus kan, habis luka-luka sudah pasti. Kulitnya juga  bisa terkelupas, nah kalau kondisinys seperti itu lapisan kulit dan minyak ditubuhnya hilang dan terus mati. Tadi malam sudah berupaya Kita lakukan evakuasi dengan kondisi luka-luka akibat terkena karang,” kata Andoko Hidayat menjawab KBR, Selasa (14/11).


red

Tim gabungan yang dipimpin BKSDA Aceh sekarang sedang melakukan evakuasi terhadap ke empat bangkai paus tersebut. Bangkai mamalia laut ini direncanakan akan dimanfaatkan untuk penelitian  dan pendidikan di Aceh.

”Memang biayanya sangat besar untuk mengelola bangkai itu untuk keperluan sains, tapi manfaatnya sangat besar. Tim gabungan bersama Pemprov Aceh sedang berembuk terkait hal ini,” paparnya.

Dua ekor paus yang mati ditemukan tergeletak di bibir pantai, satu  di Belakang Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Malahayati, dan sisa satu lainnya terjebak di karang sekitar 20 Meter dari bibir pantai.

7 unit Kapal dikerahkan untuk proses evakuasi dari bantuan armada laut TNI-AL, Basarnas, Kapal pengawas Perikanan, dan bantuan nelayan setempat.


red

Sebelumnya 10 ekor paus jenis sperma atau paus kotak ditemukan terdampar di Pantai Ujung Kareung, Kecamatan Masjid, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh Senin Kemarin (13/11). Mamalia ini memiliki panjang sekitar 10 Meter dan berat 5 ton per ekor. 

Editor: Rony Sitanggang

  • paus terdampar
  • paus sperma

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!