Share This

Pasca-Gempa, Dinas Pariwisata NTB Kebut Pemulihan Pariwisata

Guna mempercepat pemulihan, Dinas Pariwisata NTB sepakat untuk membentuk tim pemulihan seperti yang pernah diberlakukan di Bali beberapa waktu lalu.

BERITA , NUSANTARA

Rabu, 15 Agus 2018 14:49 WIB

Pantai Gili Trawangan, Lombok, NTB. (Ilustrasi: disbudpar.ntbprov.go.id)

KBR, Mataram- Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama pelaku pariwisata setempat menggelar rapat guna membahas pemulihan pariwisata di NTB, khususnya Pulau Lombok, Rabu, (15/08). Pascagempa yang melanda NTB dan sekitarnya dua pekan lalu, pariwisata Pulau Lombok sempat terhenti.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Muhammad Faozal mengungkapkan, pada rapat tersebut dibahas mengenai pemetaan aksesibilitas pariwisata Lombok. Menurutnya, sektor pariwisata Lombok harus segera bangkit, mengingat banyak masyarakat yang menggantungkan hidup di sektor tersebut.

"Tolong teman-teman hotel, tolong berikan ke kami kepastian operasional dari teman-teman, supaya Kemenpar bisa kita dorong untuk promosi satu pintu. Pintu promosi nantinya yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan melibatkan BPPD, melibatkan stakeholder. Ini menjadi prioritas kami untuk membenahi semuanya,” ujar Faozal.

Faozal menjelaskan, setidaknya ada delapan langkah jangka panjang yang akan dilakukan Dinas Pariwisata NTB, di antaranya adalah pemeriksaan dermaga, inventarisasi amenitas pariwisata, inventarisasi daya tarik wisata, serta pemulihan citra melalui promosi.

Guna mempercepat pemulihan, Faozal sepakat untuk membentuk tim pemulihan  wisata, seperti yang pernah diberlakukan di Bali beberapa waktu lalu. Tim ini yang akan fokus untuk pemulihan pariwisata di Pulau Lombok.

Editor: Adia Pradana 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.