Share This

BMKG Peringatkan Munculnya Badai Siklon Tropis yang Gelombang Tinggi

BMKG memprediksi, pengaruh badai siklon tropis dan tekanan tinggi Australia masih akan berpengaruh hingga beberapa hari ke depan.

BERITA , NUSANTARA

Selasa, 14 Agus 2018 12:29 WIB

Ilustrasi: Antara

KBR, Cilacap-  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan munculnya tiga badai siklon tropis di perairan benua Asia, terutama di Samudera Hindia dan perairan Selatan Jawa. Badai siklon tropis tersebut dapat memicu peningkatan angin dan gelombang tinggi.

Prakirawan BMKG Pos Pengamatan Cilacap, Rendy Krisnawan mengatakan, kecepatan angin diakibatkan bertemunya badai siklon tropis bertekanan rendah di belahan bumi utara dengan angin tekanan tinggi dari benua Australia. Akibat perbedaan tekanan yang kontras ini, kecepatan angin bertambah hingga 40 kilometer per-jam.

“Saat ini di benua Australia tekanannya cukup tinggi, yakni sekitar 1.029 milibar. Tetapi di belahan bumi utara, atau di sekitar Benua Asia ini banyak tekanan rendah, sekitar 994 milibar. Itu sangat rendah sekali tekanannya. Perbedaan tekanan ini akan memicu peningkatan kecepatan angin,” kata Rendy, Selasa (14/08).

Rendy menjelaskan, pengaruh badai siklon tropis dan tekanan tinggi Australia masih akan berpengaruh hingga beberapa hari ke depan. Sebab itu, ia memperingatkan agar masyarakat mewaspadai peningkatan kecepatan angin yang bisa terjadi sewaktu-waktu.Ia juga meminta agar nelayan, pengguna transportasi laut, pengelola wisata serta wisatawan mewaspadai munculnya gelombang tinggi seperti yang terjadi di Kebumen, Jawa Tengah.

Editor: Adia Pradana 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.