Rumah Sakit Penuh, Puluhan Pasien Covid-19 di Kota Jayapura Dirawat di Rumah

"Sebanyak 96 orang yang karantina mandiri di rumah untuk kami berikan perawatan karena tempat untuk perawatan saat ini sudah full "

BERITA | NUSANTARA

Senin, 22 Jun 2020 11:56 WIB

Author

Arjuna Pademme

Rumah Sakit Penuh, Puluhan Pasien Covid-19 di Kota  Jayapura Dirawat di Rumah

Ilustrasi (Sumber: Medsos RSUD)

KBR, Jayapura-  Puluhan pasien Covid-19 di Kota Jayapura, Papua kini menjalani isolasi dan perawatan di rumah masing-masing. Ketua Satuan Tugas atau Satgas Penanganan Covid-19 Kota Jayapura, Rustan Saru mengatakan keputusan mengisolasi mandiri karena ruang isolasi sejumlah rumah sakit di ibu kota Provinsi Papua itu telah penuh dengan pasien Covid-19.

Menurut Wakil Wali Kota Jayapura itu, sebanyak 118 kamar salah satu hotel yang disewa pemerintah setempat untuk dijadikan tempat isolasi dan merawat pasien Covid-19, juga telah penuh.

"Sebanyak 96 orang yang karantina mandiri di rumah untuk kami berikan perawatan karena tempat untuk perawatan saat ini sudah full di Kota Jayapura khususnya kepada yang Covid. Maka kita berharap mudah-mudahan dalam waktu tidak terlalu lama lagi ini (pasien) sembuh semakin banyak," kata Rustan Saru.

Ia mengatakan terus terjadinya peningkatan jumlah kasus di Kota Jayapura, menyebabkan ruang isolasi delapan rumah sakit baik milik pemerintah maupun milik swasta di kota itu, kini dipenuhi pasien Covid-19.

Katanya Rustan Saru pada 21 Juni 2020,  terjadi penambahan sebanyak 25 kasus Covid-19 di Kota Jayapura. Kini jumlah kasus di wilayah itu sebanyak 702 kasus, 503 di antaranya dalam perawatan, 190 pasien sembuh dan sembilan pasien meninggal dunia.

Menurutnya, dari 503 pasien Covid-19 yang kini dalam perawatan, sebanyak 213 dirawat di  salah satu hotel yang disewa Pemkot Jayapura, 96 pasien dirawat di rumah dan 194 lainnya dirawat di delapan rumah sakit di Kota Jayapura.

Wakil Wali Kota Jayapura mengakui penambahan pasien Covid-19 yang terus terjadi di Kota Jayapura menyebabkan tenaga kesehatan di wilayah itu kewalahan.  Ia berharap persentase kasus Covid-19 di Kota Jayapura dapat turun pada akhir Juni 2020, agar Pemkot Jayapura dapat menerapkan kenormalan baru pada awal bulan depan.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Stephanie: Mengubah Stigma Menjadi Empati