Pandemi Covid, Pemkot Solo Siapkan Radio untuk Pembelajaran

"Nanti bisa kita gilir pemberi materinya dari sekolah mana, setengah jam masing-masing kan bisa. Guru bisa di situ memakai radio anak ini."

BERITA | NUSANTARA

Kamis, 25 Jun 2020 12:37 WIB

Author

Yudha Satriawan

Pandemi Covid, Pemkot Solo Siapkan Radio untuk Pembelajaran

Guru menjelaskan Simulasi Normal Baru di SMK Kesehatan Mandala Bhakti, Solo, Jateng, Selasa (16/6). (Antara/Mohammad Ayudha)

KBR, Surakarta-  Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah melakukan uji coba penggunaan radio anak untuk menyebarkan materi pelajaran sekolah selama masa pandemi. Wali Kota Solo, Hadi Rudyatmo mengatakan ada satu stasiun radio anak di salah satu kompleks teman cerdas di Solo yang sebelumnya hanya beroperasi seminggu sekali. 

Menurut Rudy, perlu inovasi agar anak-anak tidak jenuh belajar.

"Makanya saya baru menginisiasi inovasi-inovasi untuk anak belajar biar tidak jenuh di rumah. Ini baru tahap uji coba radio anak. Nanti bisa kita gilir pemberi materinya dari sekolah mana, setengah jam masing-masing kan bisa. Guru bisa di situ memakai radio anak ini. Belajar memberikan materi pelajaran lewat radio kan bisa." Ujar dia. 

Pekan ini Pemerintah kota Solo sudah mensosialisasikan rencana penggunaan siaran radio anak tersebut ke kepala sekolah tingkat SD dan SMP di Solo. Penerapannya dimulai saat tahun ajaran baru Juli mendatang.

Hampir 97 ribu siswa di Solo selama 3 bulan lebih belajar dari rumah karena pandemi. Selain menggunakan aplikasi media sosial, mereka mendapatkan materi pelajaran sekolah dari TVRI. 

Editor: Rony Sitanggang

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Instagram Perketat Aturan Soal Iklan

Kabar Baru Jam 7

Menakar Tawaran Pembangkangan Sipil terhadap Undang-undang Cipta Kerja

Masa Depan Anak Broken Home

Kabar Baru Jam 8