BERITA

Gunung Marapi Meletus 6 Kali

Gunung Marapi Meletus 6 Kali

KBR, Jakarta - Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat meletus hingga 6 kali pada hari ini, Minggu (4/6). Kepala Seksi Pencegahan Provinsi BPBD Provinsi Sumatera Barat, Dodi Yuleova mengatakan, hujan abu tipis terjadi di Desa Salimpungan, Kabupaten Tanah Datar.

Kendati demikian, tidak ada pengungsi dan peningkatan status dari waspada dalam letusan yang terjadi pada hari ini.


"Sampai saat ini belum ada intruksi seperti itu baik dari PVBMG dan BMKG. Kita dari BPBD Provinsi masih tetap menghimbau kepada masyarakat walau pun belum ada instruksi dari PVMBG dan BMKG kita tetap menghimbau masyarakat memang harus menjauh dari radius zona aman. Tetapi sampai saat ini laporan dari teman-teman BPBD Kabupaten Tanah Datar, kondisi masih aman terkendali," ujar Dodi Yuleova saat dihubungi KBR, Minggu (4/6/2017).


Dodi Yuleova mengimbau masyarakat tidak melakukan aktivitas pada radius 3 kilometer dari puncak gunung. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi akan menyampaikan peringatan dini jika aktivitas Gunung Marapi meningkat dan membahayakan warga.


Editor: Sasmito

  • Gunung Marapi
  • letusan gunung
  • abu vulkanik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!