Pleno KIP Aceh, Prabowo-Sandi Menang Telak

“Suara sah pemilihan presiden 2.804.934. Dan yang tidak sah, 83.326,”

NUSANTARA

Senin, 13 Mei 2019 10:20 WIB

Author

Alfath Asmunda

Pleno KIP Aceh, Prabowo-Sandi Menang Telak

Pleno rekapitulasi suara KIP Aceh, berakhir Senin (13/05/19) dini hari. (Foto: KBR/Alfath A)

KBR/Banda Aceh- Pasangan calon (paslon) 02 Prabowo-Sandi unggul telak di Aceh. Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh menyelesaikan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pilpres 2019 tingkat provinsi Senin  (13/5/2019) dini hari pukul 0.20 WIB.

Prabowo-Sandi memperoleh suara 2.400.746. Sementara Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf Amin  memperoleh suara 404.188.

“Suara sah pemilihan presiden 2.804.934. Dan yang tidak sah, 83.326,” kata Komisioner KIP Aceh, Munawarsyah yang memandu jalannya rapat.

Rapat pleno terbuka KIP Aceh telah berlangsung sejak Selasa (7/5/2019) di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), di Banda Aceh. Pantauan KBR, proses rekapitulasi dan pengitungan untuk 23 Kabupaten/Kota di Aceh itu berlangsung dengan lancar,  dikawal ratusan aparat gabungan TNI-Polri.

Ketua KIP Aceh, Samsul Bahri mengatakan, institusinya telah menyelesaikan semua rekapitulasi untuk tingkat pemilihan Presiden, DPR RI, DPD, dan DPRA dari 23 kabupaten/kota. Kata dia, proses pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi Provinsi Aceh, sebutnya, hanya tertinggal KIP Aceh Besar yang belum menuntaskan rekapitulasi untuk tingkat pemilihan DPRK.

“Mereka telah diberikan landasan hukum oleh KPU RI untuk melanjutkan pleno hingga 17 Mei,” sebutnya.

Rapat pleno rekapitulasi  suara DPRK Aceh Besar sudah berulang empat kali. Penyebabnya rekomendasi Panwaslih Aceh Besar berupa penghitungan ulang di 15 dari 23 kecamatan. 
 
Dia menambahkan, sesuai dengan peraturan KPU nomor 4 dan 5 tahun 2019, KIP Aceh hanya bertugas untuk melakukan rekapitulasi hasil perolehan suara dari setiap kabupaten/kota yang masuk pada DB 1, yang kemudian dituangkan dalam DC 1.

"Bagaimana dengan perolehan kursi di setiap Dapil DPRA, DPD RI, DPR RI, itu semuanya ditetapkan oleh KPU RI berdasarkan penetapan perolehan suara hari ini," pungkasnya. 


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Mendikbud Nadiem Makarim Diminta Perbaiki Mental dan Moralitas