BERITA

Di Semarang, Pasien Rumah Sakit Jiwa Produksi APD

Di Semarang, Pasien Rumah Sakit Jiwa Produksi APD

KBR, Semarang - Sejumlah pasien yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) dr Amino Gondohutomo, Semarang, Jawa Tengah, memproduksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis.

Direktur RSJD Amino Gondohutomo Alex Jusran mengungkapkan inisatif itu diambil pihak RSJ lantaran kelangkaan stok APD di sejumlah rumah sakit, sekaligus sebagai bentuk terapi pasien selama rehabilitasi.

"Ide kita ini sebenarnya berangkat dari keprihatinan, sudah 2 minggu atau 3 minggu yang lalu bahwa kepastian stok APD tidak jelas," ujar Alex kepada KBR di Semarang, Rabu (1/4/2020). 

"Ada sebagian pasien yang dirawat di ruang rehabilitasi sosial itu kan ada keterampilan jahit. Akhirnya kita sepakat coba diarahkan untuk membuat masker dan baju hazmat," lanjutnya.

Alex menjelaskan tim produksi APD ini terdiri dari 2 pasien RSJ yang sudah sembuh namun masih dalam masa pengawasan, bersama dengan 2 pendamping pasien. 

Dalam sehari mereka mampu memproduksi 50 masker dan 10 baju hazmat.

"Untuk saat ini kita masih pakai sendiri, jika ada yang butuh pasti akan kita suplai," pungkas Alex.

Editor: Agus Luqman

  • apd
  • RSJ

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!