BERITA

Puluhan Rumah di Yogyakarta Rusak Akibat Puting Beliung

"BPBD DIY mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi masa transisi musim. Kepala Pelaksana BPBD Yogyakarta Biwara menyebut, sepanjang masa peralihan akan berpotensi terjadi kondisi pancaroba."

Eka Juniari

Puluhan Rumah di Yogyakarta Rusak Akibat Puting Beliung
Puting beliung merobohkan pepohonan di kawasan Timoho Yogyakarta. (Foto: Istimewa)

KBR, Yogyakarta - Puluhan bangunan termasuk rumah, rusak akibat puting beliung di sejumlah wilayah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Keterangan tertulis dari Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY menyebutkan sedikitnya 34 rumah mengalami kerusakan.

Kerusakan terjadi di RT 2 dan 3 RW 8, Sorowajan, Banguntapan, Bantul. Selain merusak pemukiman warga, puting beliung juga menerpa kampus Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) APMD, di Baciro, Gondokusuman.

Kerusakan cukup parah juga terjadi pada sebuah galeri seni di Jalan Ipda Tut Harsono Nomor 313 Timoho. Bangunan rusak pada bagian atap dan dinding.

Manajer Pusdalops BPBD DIY, Danang Syamsu mengatakan telah mendirikan posko tanggap darurat (Posko Aju) untuk memantau perkembangan sekaligus menginventarisasi kerugian. Pos tersebut berada di Gelanggang Olahraga SKB Sorowajan.

Baca juga:

Berdasar laporan sementara yang diterima BPBD DIY, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Kami juga libatkan tim reaksi cepat (TRC) dari BPBD Bantul dan Kota Jogja," terang Danang, Selasa (24/4/2018).

Sementara Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan timnya bersama elemen masyarakat telah mengevakuasi puing-puing atap yang bertebaran.

"Langkah awal melakukan pembersihan dan pendataan terhadap kerusakan," ujar Biwara.

BPBD DIY mengimbau masyarakat untuk mengantisipasi masa transisi musim. Kepala Pelaksana BPBD Yogyakarta Biwara menyebut, sepanjang masa peralihan akan berpotensi terjadi kondisi pancaroba. Hujan disertai angin kencang bisa terjadi mendadak, meski sebelumnya cuaca sangat panas.

"Bila ada pohon yang rawan tumbang lebih baik dipangkas," imbaunya.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan
  • puting beliung
  • Yogyakarta
  • BPBD Yogyakarta
  • Bencana Alam

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!