Tentara OPM Klaim Temukan Helikopter TNI yang Hilang di Papua

"Dan semua senjata yang ada di lokasi jatuhnya Helikopter MI17 milik TNI telah menjadi milik Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Komando Daerah Pertahanan (KODAP) Ngalum Gupel."

BERITA | NASIONAL | NUSANTARA

Kamis, 06 Feb 2020 12:02 WIB

Author

Adi Ahdiat

Tentara OPM Klaim Temukan Helikopter TNI yang Hilang di Papua

Bangkai helikopter yang ditemukan tentara OPM di Papua, diduga milik TNI, Rabu (5/2/2020). (Foto: TPNPB OPM)

KBR, Jakarta- Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) mengklaim telah menemukan helikopter TNI yang hilang di Papua sejak Juni 2019 lalu.

Tentara OPM juga mengklaim merekalah yang menembak jatuh helikopter tersebut.

"Helikopter MI 17 milik TNI Angkatan Darat yang pernah kami Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat tembak jatuh pada tanggal 28 Juni 2019 lalu itu telah ditemukan," jelas juru bicara TPNPB OPM Sebby Sembom dalam rilisnya yang diterima KBR, Rabu (5/2/2020).

"Dan semua senjata yang ada di lokasi jatuhnya Helikopter MI17 milik TNI telah menjadi milik Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Komando Daerah Pertahanan (KODAP) Ngalum Gupel," lanjut Sebby.

"Photo-photo Helikopter MI 17 milik TNI yang telah kami tembak jatuh pada tanggal 28 Juni 2019 kami lampirkan untuk diketahui oleh semua pihak, supaya Indonesia dan dunia dapat ketahuinya bahwa Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat siap perang untuk tujuan memperoleh kemerdekaan dari tangan Pemerintah Kolonial Republik Indonesia," jelasnya lagi.


TNI Turunkan Tim Verifikasi

Merespon informasi tersebut, TNI telah menurunkan tim untuk melakukan verifikasi.

"Sehubungan dengan beredarnya foto-foto penemuan bangkai pesawat heli oleh masyarakat di Distrik Oksop, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab telah memerintahkan satuan TNI kewilayahan terdekat untuk memperoleh segala keterangan yang diperlukan dari masyarakat Distrik Oksop guna memastikan kebenaran informasi tersebut," kata Wakapendam XVII/Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi dalam siaran persnya yang dilansir Antara, Rabu (5/2/2020).

Sambil menunggu kepastian tentang informasi tersebut, Kodam XVII/Cenderawasih akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

"Di antaranya Lanud Silas Papare, Polda Papua, Kantor Badan SAR Nasional wilayah Papua dan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang untuk menyiapkan personel dan materil yang diperlukan sebagai langkah proaktif guna mempersiapkan upaya evakuasi pada kesempatan pertama," katanya.


Helikopter MI-17 Milik TNI Hilang Kontak

Pada Jumat, 28 Juni 2019 lalu, helikopter MI-17, dengan nomor registrasi HA-5138, hilang kontak. Helikopter yang membawa 12 penumpang dan kru itu terbang dari Oksibil menuju Jayapura, pada pukul 11.44 Waktu Indonesia Timur (WIT).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa mengatakan upaya pencarian helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat masih terus dilakukan. Kata dia, pencarian menemui sejumlah kendala, terutama medan tanpa akses, dan cuaca yang cepat sekali berubah.


Editor: Sindu Dharmawan 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NUSANTARA

Most Popular / Trending

Belajar dari Italia, Seperti Apa Karantina Wilayah yang Efektif?

Jokowi Janjikan Bantuan ke Pekerja Informal agar Tidak Mudik di Tengah Wabah Korona

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18