BERITA

Meski Jalur Ditutup, Kawasan Wisata Puncak Tetap Bisa Dikunjungi di Libur Imlek

Meski Jalur Ditutup, Kawasan Wisata Puncak Tetap Bisa Dikunjungi di Libur Imlek

KBR, Jakarta - Kepolisian Resort Bogor Jawa Barat memastikan jalur Puncak, Kabupaten Bogor masih ditutup pada libur Hari Raya Tahun Baru Imlek 2018. 

Penutupan dilakukan karena masih ada pengerjaan perbaikan jalur di beberapa titik akibat longsor. 

Meski begitu, Kapolres Bogor A.M. Dicky mengatakan sejumlah destinasi wisata di Bogor masih tetap bisa dikunjungi.

"Yang ditutup itu mulai dari pintu perkebunan teh Gunung Mas sampai ke dekat Puncak Pas itu. Ada yang namanya Segar Alam. Kalau Gunung Mas ke bawah sampai ke Gatok itu masih dibuka. Hotel masih beroperasi, Taman Safari, Taman Wisata Matahari juga masih dibuka," kata AM Dicky kepada KBR, Jumat (16/2/2018).

Dengan adanya penutupan jalur Puncak itu, kendaraan roda empat dari arah Jakarta menuju Cianjur atau Bandung dialihkan melalui jalur Sukabumi dan Jonggol. Sedangkan kendaraan roda dua masih bisa melintasi Puncak.

Arus lalu lintas di tempat wisata Puncak Bogor, kata Dicky, pada Jumat pagi hingga siang masih terpantau lancar. Jalanan tidak begitu macet karena siapapun masih bisa ke sana. Jika sebelumnya terkesan macet, itu karena warga yang hendak menuju Cianjur banyak memilih jalur tersebut.

Dicky belum bisa memastikan kapan perbaikan jalan selesai dan jalan jalur Puncak kembali dibuka. Ia mengatakan usai perbaikan, jalur itu akan lebih dulu dievaluasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Kalau nanti berdasarkan kesepakatan tertuang di Peraturan Menteri, itu kan nanti akan mengevaluasi layak atau tidak. Apakah nanti ada pekerjaan tambahan, setelah itu baru diputuskan apa ada perbaikan jalan tambahan atau tidak. Jalannya kan juga belum selesai. Kalau asal jadi saja nanti malah rawan," kata Dicky.

Jalur di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu terjadi longsor di sejumlah tempat pada Senin 5 Februari lalu. Jalan Raya Puncak ditutup untuk kendaraan roda empat.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman 

  • Puncak Bogor
  • longsor Puncak
  • jalur Puncak
  • Imlek 2569
  • Tahun Baru Imlek
  • Kabupaten Bogor Jawa Barat

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!