BERITA

Bangkai Paus Bryde Terdampar di Aceh Singkil

""Untuk dilakukan otopsi tidak mungkin karena kondisi bangkai sudah pecah dari perutnya,”"

Erwin Jalaludin

Bangkai Paus Bryde Terdampar di Aceh Singkil
Bangkai paus bryde terdampar di Pulau Asok, Kecamatan Pulau Sibanyak, Kabupaten Aceh Singkil. (Foto: BKSDA Aceh)

KBR, Singkil– Seekor paus bryde  ditemukan menjadi bangkai di kawasan Pulau Asok, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Bangkai mamalia dewasa ini diperkirakan mati sejak 2 minggu lalu.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, kondisi bangkai paus sudah membusuk dengan menimbulkan bau yang menyengat.   BKSDA belum dapat memastikan penyebab utama binatang laut itu mati di pulau tersebut.


”Ditemukan sudah mengambang. Untuk dilakukan otopsi tidak mungkin karena kondisi bangkai sudah pecah dari perutnya,” kata Sapto Aji.

red


Ia menambahkan,  bangkai paus yang sudah membusuk ini akan dikubur oleh BKSDA bersama warga nelayan setempat. Paus  itu memiliki panjang 7 Meter dengan berat  di atas 20 ton.


”Jadi, Kepala Resort Pulau Banyak BKSDA Aceh, Kliwon, diberitahukan nelayan, bahwa ada bangkai paus yang terdampar di Pulau Asok. Kemudian, dilaporkan kepada Danpos AL, Wiwin Yulianto, yang dengan seketika tim gabungan langsung bergerak ke TKP menggunakan speed boat atau perahu karet,” tuturnya.

Editor: Rony Sitanggang

  • paus
  • Sapto Aji Prabowo

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!