BERITA

TNI AL Intai Kapal Tramper di Wilayah Perbatasan ZEE

"Saat ini, TNI AL telah menempatkan personilnya di sekitar wilayah itu"

AUTHOR / Nurjiyanto

TNI AL Intai Kapal Tramper di Wilayah Perbatasan ZEE
Ilustrasi kapal penangkap ikan, atau tramper. (Foto: Muhammad Ridlo/KBR)

KBR, Jakarta- TNI Angkatan Laut mengaku sedang memantau kapal pengangkut ikan, atau biasa disebut kapal tramper di zona ekonomi eksklusif (ZEE). Kepala Staf Angkatan Laut, Kasal, Ade Supandi mengatakan, pihaknya mengantisipasi masuknya kapal tersebut ke wilayah perairan Indonesia. Saat ini, ia telah menempatkan personilnya di sekitar wilayah itu. Sementara mengenai identitas kapal sendiri, Ade mengaku belum dapat mengkonfirmasinya.

"Dari kementerian itu ada kapal tramper yang perlu kita perhatikan tapi sebenarnya kapal tersebut berada diwilayah perbatasan. Kita sudah menempatkan unsur kita untuk men-intercept kapal itu. Kalau masuk ya kita ini, tapi kalau diluar ZEE yang kita biarkan dulu karena diluar kuasa kita. Tapi kalau masuk ya akan kita sergap," katanya, Kamis (6/8).

Sebelumnya, Angkatan Laut menerima laporan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan mengenai adanya satu kampal tramper yang saat ini berada di kawasan perbatasan laut Indonesa Timur. Kapal tersebut dikhawatirkan akan masuk ke perairan Indonesia untuk mengambil ikan-ikan di wilayah zona ekonomi eksekutif Indonesia secara ilegal.

Editor: Bambang Hari

  • kapal asing
  • Illegal Fishing
  • TNI AL
  • Kasal Ade Supandi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!