NASIONAL

TKI Terjebak Di Gaza

"KBR, Jakarta- Sebanyak 12 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) saat ini terjebak di jalur Gaza, Palestina."

AUTHOR / Evelin Falanta

TKI Terjebak Di Gaza
gaza, israel, tki

KBR, Jakarta- Sebanyak 12 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) saat ini terjebak di jalur Gaza, Palestina. Mereka  belum dapat dipulangkan karena sulit dievakuasi. (Baca: Empat Belas Hari Pertempuran, Korban Gaza Mencapai 572 Orang)

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Gatot Abdullah Mansyur mengatakan, TKI tersebut berada di sana karena sindikat perdagangan internasional, dan Palestina bukanlah negara tujuan TKI. Namun,  ia mengklaim telah mengantongi identitas TKI tersebut, dan tengah berupaya memulangkan mereka.

"Kita lagi terus mengusahakan supaya TKI itu bisa keluar dari Gaza ke Mesir lalu kita pulangkan, karena semua pintu keluar tertutup. Kecuali, ya yang ke Mararafah Mesir. Kita lagi mengusahakan supaya TKI itu bisa keluar. Tapi kita sudah bekerjasama dengan polisi internasional dan negara-negara penempatan," terang Gatot saat dihubungi KBR, Sabtu (26/7).

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Gatot Abdullah Mansyur menambahkan, selain di Gaza, ada pula TKI yang terjebak di negara konflik lain seperti di Suriah dan Lebanon.

Berdasarkan data BNP2TKI jumlah TKI di Suriah sebanyak 2.500 jiwa dan di Lebanon mencapai 200 TKI.

Editor: Nanda Hidayat

  • gaza
  • israel
  • tki

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!