NASIONAL

Tito Sentil 2 Daerah dengan Angka Inflasi di Atas Rata-rata Nasional

"Mendagri Tito menyoroti tingginya inflasi di dua daerah."

Tito Sentil 2 Daerah dengan Angka Inflasi di Atas Rata-rata Nasional
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam rapat dengan Komisi II DPR di Senayan Jakarta, Selasa (21/6/2022). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)

KBR, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyentil dua daerah dengan angka inflasi yang tinggi. Dua daerah itu yakni Provinsi Kalimantan Barat dan Kabupaten Karangasem.

Tito mengatakan, angka inflasi di dua daerah itu masih di atas rata-rata nasional. Saat ini rata-rata inflasi nasional sebesar 5,51 persen.

"Sangat tinggi sekali (Karangasem) di atas 5,51, Hampir dua kali lipat. Apakah data ini salah? Kalau memang benar, lima loh naiknya, kenapa naiknya? Apa yang dilakukan," kata Tito dalam Rakor Pengendalian Inflasi Daerah, Senin (30/1/2023).

Tito menyebut, saat ini baru ada dua daerah yang tingkat inflasinya terjaga dengan baik. Kedua daerah itu yakni Provinsi Gorontalo 5,15 persen dan Kota Cirebon 4,8 persen.

Baca juga:

Sebelumnya, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mewanti-wanti laju inflasi 2022 di 23 provinsi masih lebih tinggi dibanding nasional.

"Nah ini yang menjadi catatan Sumatra Barat inflasinya 7,43 persen, Sulawesi Tenggara 7,39 persen, Kalimantan Selatan 6,99 dan Riau 6,81 persen. Jadi terhadap 23 provinsi ini, pak gubernur, mohon diperhatikan memang di Bulan Desember ini kontribusi dari harga beras 0,07 persen itu adalah salah satu yang tertinggi," ucap Airlangga saat Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda 2023, Selasa, (19/01/2023).

Editor: Wahyu S.

  • Inflasi
  • inflasi daerah
  • ekonomi 2022
  • stabilitas ekonomi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!