RAGAM

Tetap Sehat dan Produktif Bersama Kanker Payudara

"Kanker merupakan salah satu penyakit katastropik yang memerlukan biaya tinggi. Selain itu, kanker menyebabkan beban sosial dan beban moral bagi pasiennya."

Debora Tanya

Tetap Sehat dan Produktif Bersama Kanker Payudara
(ki-ka) Prof. Zubairi Djoerban Sp.PD KHOM, FINASIM bersama Dr Dimas Sp.PD dan Dr. Dyah Agustina Waluyo dalam Seminar Long Survivor Kanker Payudara.

KBR, Jakarta – Kanker adalah penyakit yang ditandai oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak terkontrol dalam tubuh. Sel-sel kanker dapat tumbuh dan berkembang secara tidak terkendali, membentuk tumor ganas yang dapat menyebar ke bagian tubuh lain. Beberapa faktor risiko seperti paparan zat karsinogenik, keturunan genetik, gaya hidup tidak sehat, infeksi virus, dan faktor lingkungan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Ada berbagai jenis kanker, masing-masing dengan karakteristik dan pengobatan yang berbeda. Pengobatan kanker melibatkan terapi seperti pembedahan, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, dan terapi target. Kanker merupakan salah satu penyakit katastropik yang memerlukan biaya tinggi. Selain itu, kanker menyebabkan beban sosial dan beban moral bagi pasiennya.

Seseorang yang telah melewati pertempuran melawan kanker payudara dan berhasil bertahan dalam jangka waktu yang signifikan setelah pengobatan atau bisa dikenal dengan istilah "Long Survivor Kanker Payudara" merupakan fokus tujuan kegiatan seminar ini. Sebagai survivor jangka panjang, mereka berfokus pada pemulihan dan kualitas hidup optimal dengan mengadopsi gaya hidup sehat, seperti pola makan seimbang, olahraga rutin, dan manajemen stress.

Melalui kegiatan seminar bertema “Tetap Sehat dan Produktif Bersama Kanker Payudara” yang digelar pada Senin, 22 Mei 2023 kemarin, peserta diajak untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya kanker payudara serta di dalamnya memberikan informasi, dukungan, dan inspirasi kepada perempuan yang telah melawan kanker payudara. Menghadirkan Prof. Zubairi Djoerban Sp.PD KHOM, FINASIM, Dr. Dimas Sp.PD dan Dr. Dyah Agustina Waluyo sebagai narasumber seminar yang berlokasi di RS Kramat 128 Jakarta Pusat ini.

Selain memperoleh pemahaman tentang deteksi dini, faktor risiko, dan tindakan pencegahan terkait kanker payudara. Peserta juga dibekali pengetahuan tentang pentingnya pemeriksaan rutin dan memperhatikan gejala-gejala terkait kanker payudara. Seminar ini juga membahas pentingnya gaya hidup sehat, nutrisi yang tepat, dan aktivitas fisik dalam pemulihan dan pencegahan kekambuhan. Peserta juga berinteraksi dengan survivor lainnya, membangun jaringan dukungan, dan mengatasi tantangan dalam perjalanan pemulihan mereka. Seminar ini memberikan harapan dan kekuatan bagi peserta untuk menghadapi masa depan dengan keyakinan.

Baca juga: 8 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Kanker Payudara - kbr.id

  • advertorial
  • kanker payudara
  • kanker
  • virus

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!