NASIONAL

Tertinggi, Survei LSI 82 Persen Puas Atas Kinerja Jokowi

""Pencapaian tertinggi kinerja presiden, penilaian positif tertinggi dari kinerja presiden dari masyarakat.""

AUTHOR / Hoirunnisa

Survei kinerja presiden
Survei LSI 82 persen puas kinerja Presiden Jokowi, Rabu (03/05/23). (LSI)

KBR, Jakarta- Hasil jajak pendapat Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukan tingkat kepuasan publik pada kinerja pemerintahan Jokowi mencapai 82 persen. Angka tersebut adalah jumlah dari responden cukup puas dan sangat puas.

Direktur eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan menyampaikan  mayoritas responden merasa cukup puas 69,7 persen, pada responden yang merasa sangat puas  di angka 12,3 persen sedangkan yang kurang puas sebanyak 15,9 persen.

"Jadi tampaknya ini dalam data LSI adalah pencapaian tertinggi kinerja presiden, penilaian positif tertinggi dari kinerja presiden dari masyarakat. Jadi trend penilaian positif terhadap kinerja presiden ini memang menguat sejak enam bulan atau tujuh  bulan terakhir dari September ke April dan itu jauh lebih kuat kalau dibandingkan dengan sekitar 10 tahun yang lalu, Juni tahun 2015," ujar Direktur eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI), Djayadi Hanan pada kanal Youtube LSI, Rabu (3/5/2023).

Djayadi menyebut tingginya kepuasan publik dipengaruhi oleh penilaian terhadap kondisi umum seperti ekonomi, politik, dan penegakkan hukum.

Menurut survei LSI,  lebih banyak masyarakat yang memberikan penilaian baik terhadap kondisi ekonomi, politik dan penegakan hukum Indonesia, daripada masyarakat yang memberi penilaian buruk.

Seperti penilaian pada kondisi politik menunjukan angka yang baik di 34,1 persen, penilaian pada penegakan hukum di angka 43,8 persen dan 28,7 persen penilaian baik untuk kondisi ekonomi.

Dyadi mengatakan survei LSI dilakukan terhadap responden yang memiliki hak pilih, atau yang sudah berusia 17 tahun ke atas. Sampel dipilih acak (multistage random sampling) dan melibatkan 1.220 responden yang diambil pada 12 hingga 17 April 2023 dengan margin of error survei adalah +/- 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%. Sementara wawancara dilakukan dengan cara tatap muka.

Baca juga :

- Survei Kepercayaan Publik Rendah, PKS: Perlu Reformasi Parpol

- Survei Poltracking: Prabowo Ungguli Ganjar dan Anies

Hasil mirip juga ditemukan dalam survei yang dirilis Indikator Politik Indonesia (IPI) pada Minggu (30/4). Survei IPI menunjukkan sebanyak 78,5 persen masyarakat Indonesia puas terhadap kinerja Presiden Joko Widodo. Survei ini digelar pada 11-17 April 2023 terhadap 1.220 responden. Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka oleh pewawancara yang terlatih.

Peneliti Utama Indikator Burhanuddin Muhtadi mengatakan tren kepuasan akan kinerja pemerintah meningkat cukup tinggi pada masa jabatan Presiden Jokowi ini. Direktur Eksekutif IPI itu menuturkan berdasarkan survei yang dilakukan, mayoritas masyarakat Indonesia menyebut puas akan bantuan-bantuan yang diberikan Presiden Jokowi kepada masyarakat kecil, pembangunan infrastruktur jalan, sifat Presiden yang merakyat hingga capaian pemerintah terkait penurunan angka kemiskinan menjadi salah satu faktor utama dalam kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah.


Editor:  Rony Sitanggang

  • survei kinerja
  • pemilu 2024
  • Survei
  • Indikator

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!